SOLOPOS.COM - Ilustrasi gerabah. (Dok, Solopos.com)

Solopos.com, SOLO –  Kerajinan gerabah di Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah ada sejak zaman prasejarah. Buktinya adalah temuan artefak pembuatan gerabah kuno. Hingga saat ini kerajinan tersebut masih dilestarikan dan menjadi salah satu pekerjaan warga.

Menurut laporan Goenadi Nitihaminoto pada 1979 berjudul Laporan Survey Tembayat, artefak gerabah itu ditemukan di situs prasejarah di Dukuh Prengguk, Kelurahan Bogem, Kecamatan Tembayat [kini Bayat], Kabupaten Klaten.

Promosi Desa BRILiaN 2024 Resmi Diluncurkan, Yuk Cek Syarat dan Ketentuannya

Di situs tersebut ditemukan peralatan tatah batu yang diduga digunakan perajin gerabah pada waktu itu untuk menghaluskan gerabah. Penjelasan lengkap bisa dibaca di Artefak Tatap Batu, Bukti Gerabah Bayat Klaten Ada Sejak Era Prasejarah.

Harga rumah di Amerika Serikat (AS) terus meroket hingga menembus angka tertinggi pada Juni 2022. Makin mahalnya harga rumah itu mengakibatkan bertambahkan jumlah tunawisma di negara tersebut.

Berdasarkan laporan National Association of Realtors (NAR), dikutip dari CNN International, Jumat (22/7/2022), rata-rata harga rumah pada Juni naik 13,4% dari tahun lalu bulan yang sama menjadi US$416.000 atau Rp6,2 miliar (kurs Rp15.007).

Luas rata-rata rumah di Amerika Serikat adalah 2.687 kaki persegi atau setara 818 meter persegi berdasar laporan New Home Source. Rata-rata rumah di Amerika Serikat itu tentu jauh lebih luas dibandingkan rata-rata rumah di Indonesia. Ulasan lengkap tersaji di Gelandangan di AS Kian Banyak Imbas Terus Meroketnya Harga Rumah.

Dua dekade lalu, publik dibuat bingung dengan kemelut di internal Polri akibat adanya kapolri kembar. Itu adalah satu dari beberapa alasan pelengseren Presiden K.H. Abdurrahman Wahid alias Gus Dur.

Kemelut itu terjadi 2001, saat Presiden Gus Dur tak meminta izin parlemen [DPR] saat memecat Surojo Bimantoro dari  jabatan Kapolri dan mengangkat Chaeruddin Ismail sebagai pengganti. Pemerintah saat itu mengakui Chaeruddin Ismail sebagai Kapolri, sedangkan DPR mempertahankan Bimantoro. Penjelasan lengkap bisa dibaca di Mengingat Kemelut Kapolri Kembar Hingga Pelengseran Gus Dur.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat jumlah sepeda motor di Indonesia mencapai 121,209 juta unit pada 2021. Dua provinsi dengan pemilik sepeda motor terbanyak adalah Jawa Timur disusul Jawa Tengah.

Jumlah sepeda motor di Indonesia sebanyak 121,209 juta unit pada 2021 itu meningkat 5,37% dibandingkan pada tahun sebelumnya yang mencapai 115,023 juta unit. Angkanya pun setara dengan 84,29% dari total kendaraan bermotor yang lalu-lalang di dalam negeri pada 2021 sebanyak 143,797 juta unit. Data lengkap bisa dibaca di Jawa Tengah dan Jawa Timur, Provinsi Pemilik Sepeda Motor Terbanyak.

Semua berita di atas bisa dibaca hingga tuntas di kanal Espos Plus. Konten-konten premium di kanal Espos Plus menyajikan pembahasan dengan sudut pandang tajam, komprehensif, dan berdata lengkap. Konten premium menyajikan analisis mendalam atas suatu topik. Silakan mendaftar terlebih dulu untuk mengakses konten-konten premium tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya