SOLOPOS.COM - Kera ekor panjang duduk di atap rumah warga di RT 001/RW 002 Desa Alastuwo, Kebakkramat, Karanganyar, Rabu (12/1/2022). (Istimewa)

Solopos.com, KARANGANYAR — Kemunculan kera liar di wilayah Kelurahan Cangakan, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Karanganyar, akhir pekan lalu membikin heboh masyarakat. Pasalnya, tidak biasanya ada seekor kera berkeliaran di sekitar permukiman warga tersebut.

Alfian Joko Rudianto, warga Cangakan, Selasa (31/5/2022), mengatakan kera jenis ekor panjang ini sebelumnya juga muncul di Desa Kalongan, Kecamatan Tasikmadu, Karanganyar, yang wilayahnya bersebelahan dengan Kelurahan Cangakan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Di Cangakan, kera ini muncul selama tiga hari sejak Jumat hingga Minggu (27-29/5/2022). Selama di Cangakan, kera ini berada di pepohon dan atap rumah warga yang berlokasi di dekat Sungai Cangakan. Sesekali kera ini terlihat mengambil buah-buahan di pohon pekarangan untuk dimakan.

“Kera ini sebelumnya terlihat di Desa Kalongan, Kecamatan Tasikmadu lalu pindah ke Cangakan yang wilayahnya bersebelahan. Di sini kera itu hanya di pepohonan dan atap rumah. Sesekali dia ambil pisang atau pepaya dari pohon untuk dimakan,” ujarnya,

Joko menambahkan, meski kera yang diperkirakan berkelamin jantan ini tidak mengganggu manusia, namun sebagian warga, khususnya ibu-ibu takut primata ini akan mengganggu anak-anak. “Khawatirnya kalau sampai mengganggu anak-anak kan bahaya,” ungkap dia.

Baca juga: Gegara Seekor Kera Liar, Warga Kebakkramat Dibuat Khawatir

Oleh sebab itu, warga pun berusaha mengusirnya agar kera sendirian ini berpindah ke tempat lain atau ke habitatnya. Saat mengusir, warga juga tidak menyakiti dan hanya menakut-nakuti dari kejauhan dengan menggunakan sapu.

“Daripada bikin takut, warga mengusir kera ini supaya pindah atau pulang ke tempatnya. Tapi tidak disakiti, cuma ditakut-takuti dari jauh pakai sapu,” imbuhnya. Usaha warga ini berhasil. Sekarang kera itu sudah tidak tampak lagi di wilayah tersebut.

Sebelumnya, seekor kera ekor panjang yang diperkirakan liar mendatangi perkampungan di RT 001/RW 002 Desa Alastuwo, Kecamatan Kebakkramat, Kabupaten Karanganyar, beberapa waktu lalu. Meski tidak mengganggu manusia, namun warga khawatir kera tersebut menyerang anak-anak.

Baca juga: Jumlah Sapi Suspek PMK di Karanganyar Bertambah dari Kebakkramat

Kera berkelamin jantan ini terlihat di kampung tersebut sejak tiga hari terakhir atau Senin (10/1/2022). Biasanya kera tersebut muncul untuk makan buah-buahan yang ada di kampung tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya