SOLOPOS.COM - Bendara Kepulauan Solomon (Istimewa)

Solopos.com, CIANJUR – Kepulauan Solomon diguncang gempa besar berkekuatan magnitudo 7,0 yang langsung diiringi peringatan tsunami, Selasa (22/11/2022) hari ini.

Gempa ini langsung disusul dengan gempa magnitudo 6,0 tak lama setelahnya.

Promosi Jelang Lebaran, BRI Imbau Nasabah Tetap Waspada Modus Penipuan Online

Peringatan tsunami dikeluarkan oleh Survei Geologi Amerika Serikat setelah gempa pertama berkekuatan magnitudo 7,0 tetapi peringatan ini ditarik segera setelah itu.

Kantor perdana menteri Kepulauan Solomon melaporkan tidak ada kerusakan besar pada gedung-gedung di ibu kota Honiara tetapi listrik padam di beberapa wilayah kota.

Baca Juga: Update Korban Gempa Cianjur Pukul 22.00 WIB, 162 Orang Meninggal Dunia

Perdana Menteri Australia, Anthony Albanese, mengatakan atap komisi tinggi Australia di Honiara runtuh, dan ini menunjukkan kemungkinan kerusakan di seluruh kota.

Albanese mengatakan semua staf komisi tinggi Australia selamat dan mereka telah pindah ke tempat yang lebih tinggi karena kekhawatiran tsunami sebelumnya.

Penyiaran Kepulauan Solomon mengatakan dalam sebuah pernyataan di Facebook bahwa semua layanan radio tidak mengudara.

Baca Juga: Gempa Cianjur Berskala Sedang tapi Daya Rusak Luar Biasa

Layanan Meteorologi Kepulauan Solomon mengatakan tidak ada ancaman tsunami ke negara itu tetapi memperingatkan tentang arus laut yang tidak biasa di wilayah pesisir.

“Masyarakat juga diimbau untuk waspada karena gempa susulan diperkirakan akan terus berlanjut,” kata seorang karyawan di media sosial dilansir dari Guardian.

Gempa di dekat Malango itu bersifat dangkal, dengan kedalaman 10 km, kata USGS.

Baca Juga: Korban Jiwa Gempa Cianjur Menjadi 62 Orang, 25 Masih Tertimbun

Orang-orang melaporkan goncangan hebat yang membuat televisi dan barang-barang mereka jatuh ke lantai.

Listrik padam di beberapa wilayah kota dan orang-orang meninggalkan kantor mereka untuk mengungsi ke tempat yang lebih tinggi.

Kepulauan Solomon adalah sebuah negara kepulauan di Samudra Pasifik bagian selatan yang terletak di sebelah timur Papua Nugini dan merupakan bagian dari Persemakmuran.

Baca Juga: Data PMI: Korban Jiwa Gempa Cianjur 56 Orang, Terbanyak Anak-anak

Negara ini terdiri atas 992 pulau yang secara keseluruhan membentuk wilayah seluas 28.450 km².

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Gempa Magnitudo 7,0 Guncang Kepulauan Solomon, Ada Peringatan Tsunami”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya