SOLOPOS.COM - Petugas KPU Boyolali (kiri) saat menjelaskan ke warga terkait partai-partai peserta Pemilu 2024 saat sosialisasi di CFD Boyolali, Minggu (5/2/2023). (Solopos/Ni’matul Faizah)

Solopos.com, BOYOLALI — Stan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Boyolali diserbu warga pengunjung Car Free Day (CFD) yang ingin mencari tahu tentang partai peserta Pemilu 2024. Total ada 18 partai peserta pemilu yang disosialisasikan KPU Boyolali.

Salah satu warga Banaran, Boyolali, Moyo Anggoro, mengaku saat lewat di stan KPU Boyolali melihat banner berisikan nama-nama partai. “Tadi saya lewat di sini, kok ada banner nama-nama partai banyak sekali, saya hanya baca-baca terus diberi brosur isi partai-partai peserta Pemilu 2024 siapa saja,” ujarnya saat berbincang dengan Solopos.com di lokasi acara.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Ia menceritakan petugas dari KPU Boyolali menjelaskan kepadanya ada 18 partai yang mengikuti Pemilu 2024. Tak hanya itu, ia juga mendapat penjelasan ada empat partai baru seperti Partai Gelora, Partai Buruh, Partai Kebangkitan Nusantara, dan Partai Ummat.

Lebih lanjut, Moyo mengaku terkejut dengan banyaknya partai yang memperebutkan suara rakyat pada Pemilu 2024. “Dulu perasaan partainya enggak sebanyak ini. Mungkin karena demokrasi berjalan baik, jadi ya banyak yang ikut Pemilu,” kata dia.

Ekspedisi Mudik 2024

Sementara itu, pengunjung lain, Nurrudin, asal Kiringan, Boyolali, mengaku awal tertarik datang ke stan KPU Boyolali karena melihat maskot Pemilu 2024, Sura dan Sulu. Saat mendekat ke stan, ia membaca banner tentang 18 partai politik yang menjadi peserta Pemilu 2024.

“Saya awalnya niat mau foto sama bonekanya, terus lihat banner. Kemudian dijelaskan ada 18 partai pemilu, ada juga empat partai baru juga,” kata dia.

Dapat Doorprize

Setelah dijelaskan oleh petugas KPU, Nurrudin pun berfoto dengan maskot Sura dan Sulu. Kemudian, ia mengunggah foto tersebut ke akun media sosialnya dan akhirnya mendapatkan doorprize dari KPU.

“Ini tadi syarat dapat doorprize itu upload foto story di Instagram, di tag KPU Boyolali. Senang sih kalau KPU sering sosialisasi di CFD, dapat ilmu, dapat doorprize,” kata dia.

Sementara itu, Ketua KPU Boyolali, Ali Fahrudin, mengungkapkan kegiatan di CFD Boyolali pagi itu untuk menyemarakkan dan memberikan sosialisasi tahapan Pemilu kepada masyarakat umum.

Ia mengungkapkan sosialisasi dari KPU tak hanya dilakukan secara luring bertemu masyarakat tetapi juga secara daring di media sosial mereka. Lebih lanjut, Ali menjelaskan maskot Pemilu 2024 Sura dan Sulu memiliki arti suara rakyat adalah suara Pemilu.

“Jadi ini sebagai salah satu bentuk suara rakyat adalah suara pemilu. Nanti suara rakyat akan dikonversi menjadi kursi-kursi wakil rakyat,” kata dia.

Selanjutnya Ali menginformasikan hari pemungutan suara akan dilaksanakan pada 14 Februari 2024. Walaupun masih satu tahun lagi, ujar dia, waktu tersebut tidak akan terasa ketika masyarakat ikut bersama-sama dalam tahapan Pemilu. “Harapannya masyarakat dari awal akan ikut berpartisipasi di semua tahapan Pemilu 2024,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya