SOLOPOS.COM - Kapolsek Jaten, Pokres Karanganyar, AKP Yuni Marsianto (kiri) menginterogasi pelaku pencurian uang kotak infak di Masjid At Taqwa Dusun Banaran, Desa Ngringo, Kecamatan Jaten, Kabupaten Karanganyar, Rabu (13/7/2022). (Istimewa)

Solopos.com, KARANGANYAR — Seorang yang diduga akan mencuri uang di dalam kotak infak di Masjid At Taqwa Dusun Banaran, Desa Ngringo, Kecamatan Jaten, Kabupaten Karanganyar kepergok warga, Rabu (13/7/2022). Kini pelaku berinsial P, warga Sukoharjo itu sudah ditahan di Mapolsek Jaten.

Informasi yang dihimpun menyebutkan warga menangkap pelaku sekitar pukul 13.30 WIB. Saat itu pelaku sedang berusaha membongkar kotak infak di dalam masjid dengan peralatan yang ia bawa. Saat itu pula, warga yang memergoki aksi pelaku berteriak sehingga warga lain berdatangan dan menangkapnya beramai-ramai.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Sebelumnya warga sudah curiga terhadap gerak-gerik pelaku. Beberapa hari sebelumnya, pelaku sering datang ke masjid tersebut dengan mengendarai sepeda motor yang berbeda. Kali ini, pelaku datang lagi sehingga warga mengawasinya. Begitu pelaku beraksi, warga langsung menangkapnya.

Setelah berhasil menangkap pelaku, warga langsung melaporkannya ke Mapolsek Jaten. Beberapa saat kemudian polisi datang ke lokasi dan menahan pelaku yang sempat dihajar warga itu.

Kapolsek Jaten, AKP Yuni Marsianto, mewakili Kapolres Karanganyar, AKBP Danang Kuswoyo, mengatakan pelaku mengaku sudah tiga kali mencuri di masjid At Taqwa. “Tapi berdasarkan keterangan takmir, masjid kehilangan uang infak sebanyak empat kali. Nanti dipastikan lagi,” ujar Yuni.

Baca Juga: Apes, 2 Maling Gagal Curi Kotak Infak Masjid di Gondangrejo Karanganyar

Selain di Jaten, pelaku juga mengaku sempat beraksi di masjid lain di wilayah Tasikmadu. Dalam aksinya, pelaku tidak selalu beruntung. “Katanya, kadang-kadang kotaknya kosong,” imbuh Yuni.

Belum ada informasi lebih lanjut apakah P juga pelaku upaya pencurian di Masjid Al Fatah, Dukuh Plesungan Raya, Desa Plesungan, Kecamatan Gondangrejo, Minggu (10/7/20220) lalu.

Dalam upaya pencurian di Masjid Al Fatah, pelakunya dua orang namun gagal karena ada seorang takmir yang tak sengaja dan memergoki mereka.

Baca Juga: Berkat Alat Ini, Warga Ngawen Klaten Bekuk Pembobol Kotak Infak

Kepala Desa Plesungan, Waluyo, mengatakan kejadian sekitar pukul 11.40 WIB tersebut sempat terekam kamera CCTV masjid. Sehingga kronologi upaya pencurian itu dapat dketahui dengan jelas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya