SOLOPOS.COM - Ilustrasi PNS menerima Gaji ke-13 (JIBI/Solopos/dok

Kepegawaian Solo, Pemkot menyiapkan Rp75 miliar untuk gaji ke-13 dan 14 ASN di Solo.

Solopos.com, SOLO — Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Solo bakal mendapat gaji ke-13 dan 14 yang diperkirakan cair sebelum Lebaran. Pemkot menyiapkan anggaran hingga Rp75 miliar untuk keperluan itu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Namun demikian, Pemkot belum bisa memastikan apakah anggota DPRD juga mendapat gaji ke-13 dan 14 seperti tahun lalu. Sekretaris Daerah (Sekda) Solo Budi Yulistianto mengatakan pencairan gaji ke-13 dan 14 masih menunggu Peraturan Pemerintah (PP) tentang Pemberian Gaji ke-13 dan 14. Peraturan tersebut sebagai petunjuk teknis (juknis) dan petunjuk pelaksana (juklak) pencairan gaji ke-13 dan 14.

“Biasanya gaji ke-13 dan 14 cair sebelum Lebaran,” kata Sekda ketika berbincang dengan wartawan di Balai Kota belum lama ini.

Budi menerangkan komposisi pembayaran gaji ke-13 bagi ASN, meliputi gaji pokok, tunjangan keluarga, tunjangan jabatan atau umum, dan tunjangan kinerja. Sedangkan gaji ke-14 hanya gaji pokok dan tidak ada tambahan tunjangan lain.

Budi memerinci anggaran untuk pemberian gaji ke-13 dan 14 bagi ASN termasuk tenaga honorer disiapkan senilai Rp75 miliar lebih. “Tahun lalu gaji ke-13 dan 14 juga diberikan bagi anggota DPRD. Tahun ini kami masih menunggu PP turun apakah masih masuk atau tidak,” katanya.

Budi berharap PP pencairan gaji ke-13 dan ke-14 bisa turun pertengahan bulan ini sehingga bisa segera dibayarkan. Budi khawatir jika PP turun mepet Lebaran, pencairan juga mepet pada awal Juli.

Pertimbangannya adalah efektivitas pemanfaatan dana. Dengan demikian, para ASN bisa memanfaatkan anggaran tersebut untuk memenuhi kebutuhan Lebaran.

“Gaji ke-13 dan 14 bisa dipergunakan bagi para ASN untuk keperluan Lebaran. Selain itu juga bisa membantu membayar kebutuhan anak memasuki tahun ajaran baru [TAB],” katanya.

Sejumlah ASN yang ditemui Solopos.com mengaku senang dengan segera cairnya gaji ke-13 dan gaji ke-14. Mereka telah menanti-nantikan pencairan gaji tersebut untuk memenuhi kebutuhan anak memasuki TAB serta Lebaran.

“Alhamdulillah ada kabar baik. Gaji itu bisa digunakan untuk Lebaran dan bayar sekolah anak,” ujar salah satu PNS, Bambang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya