Kepastian Turnamen Piala Wali Kota Masih Menggantung, Ini Penyebabnya
Solopos.com|sport

Kepastian Turnamen Piala Wali Kota Masih Menggantung, Ini Penyebabnya

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, berharap izin dari Polresta Solo terkait penyelenggaraan Piala Wali Kota segera turun. Bila tidak, turnamen ini batal digelar.

Solopos.com, SOLO — Pemkot Solo belum dapat memastikan penyelenggaraan Piala Wali Kota yang rencananya digelar di Stadion Manahan, Solo, pada Juni 2021. Hingga kini, Polresta Solo belum mengeluarkan izin turnamen yang bakal diikuti sekitar delapan tim tersebut.

Pandemi Covid-19 yang belum surut diduga menjadi alasan polisi berhati-hati dalam mengeluarkan izin penyelenggaraan.

Belum turunnya izin itu disampaikan Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, saat ditemui wartawan di sebuah kafe di Laweyan, Jumat (4/6/2021) malam. Gibran mengatakan pengajuan izin kegiatan olahraga di masa pandemi tidaklah mudah.

Meski demikian pihaknya bakal berusaha agar polisi segera memberi lampu hijau agar turnamen dapat digelar sesuai jadwal. “Izin keamanannya memang agak susah. Semoga paling enggak pekan depan izin bisa turun. Kalau [izin] tidak keluar ya enggak jadi,” ujar Gibran.

Baca Juga: Belum Ada Titik Temu, Polemik Michelle Kuhnle vs Persis Solo Berpotensi Kian Pelik

Piala Wali Kota rencananya melibatkan delapan tim dari Liga 1 dan Liga 2. Sejauh ini klub-klub seperti Persis Solo, Bhayangkara FC, Bali United, RANS Cilegon FC, dan Dewa United disebut siap untuk memeriahkan ajang tersebut. Piala Wali Kota bakal menggunakan sistem gugur dengan waktu penyelenggaraan sekitar sepuluh hari.

Gibran menargetkan turnamen dapat selesai paling lambat sepekan sebelum sepak mula Liga 1 pada 10 Juli 2021. “Ini protokol kesehatannya harus betul-betul diperhatikan,” ujar Gibran.

Saatnya Juara

Sementara itu, kelompok pendukung Persis yang tergabung di Ultras 1923 menggelar aksi pembentangan spanduk dan penyalaan flare di kawasan Jembatan Tirtonadi, Jumat malam. Mereka meneriakkan chant sambil membentangkan spanduk bertuliskan “Kini Saatnya Kita Juara”. Aksi itu sempat mengundang perhatian warga sekitar dan pengguna jalan.

Baca Juga: Cedera Metatarsal, Marcell Januar Lewatkan Awal Musim Bersama Persis Solo

Tokoh Ultras, Iwan Samudra, mengatakan aksi tersebut menjadi penyemangat bagi Persis yang akan bertarung di Liga 2 2021 mulai 24 Juli. Suporter berharap Persis dapat lolos ke Liga 1 karena telah serius menyiapkan tim dengan memboyong pemain-pemain papan atas.

“Itu teman-teman yang bikin. Aksi itu hanya pemanasan saja untuk menuju liga,” ujarnya kepada Solopos.com, Sabtu (5/6/2021).



Berita Terkait
Indeks Berita
Promo & Events
Terpopuler
Berita Terkini
Indeks
Berita Video
View All

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago