SOLOPOS.COM - Jembatan Jurug Solo. (Solopos/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO — Rencana pembongkaran Jembatan Jurug A Solo oleh Kementerian PUPR pada tahun ini bocor ke publik. Dinas Pekerjan Umum Penataan Ruang (DPUPR) dan Bina Marga Kota Solo mengaku belum ada koordinasi lebih jauh soal itu.

“Untuk itu proyek milik Kemen PUPR, belum ada pembahasan lebih lanjut dengan kami,” ujar Kabid Bina Marga DPUPR Kota Solo, Joko Supriyanto, saat dihubungi Solopos.com, Sabtu (14/5/2022).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Senada dengan Joko, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Jalan Nasional Kartasura-Ngawi, Emy Eko Setiyawti, menyebut belum ada koordinasi lanjutan antara Kemen PUPR dengan Dinas PUPR Bina Marga Solo terkait pembongkaran Jembatan Jurug A.

“Dari kami belum bisa konfirmasi apa-apa terkait leaflet yang beredar. Informasinya pembongkaran dan penggantian jembatan secara penjadwalan masih dalam pembahasan. Setelah ada finalisasi nantinya baru akan ada sosialisasi dan koordinasi dengan stakeholder terkait,” ujar Emy.

Ia menambahkan, untuk penggantian jembatan Jurug A masuk dalam Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU). Ini nanti ada Satuan Kerja (Satker) dan PPK tersendiri dari Kemen PUPR. “Jadi kapasitasnya dari Pusat.” ujarnya.

Baca Juga: Jembatan Jurug A Bakal Dibongkar, Siap-Siap Solo Macet Parah

Ketua Komisi III DPRD Solo, YF Sukasno, sebelumnya mengonfirmasi adanya rencana pembongkaran dan penggantian Jembatan Jurug A. Proyek itu dari Kementerian PUPR. “Semua dari kementerian. Tinggal menunggu kesiapan Dishub Solo,” ungkap dia.

Terkait dampak dari pembongkaran Jembata Jurug A, Sukasno meminta Kementerian PUPR, Dishub Solo, dan Dinas PUPR Solo berkoordinasi. Menurut dia harus ada perhitungan secara cermat tentang dampak kemacetan yang ditimbulkan.

“Tahun ini proyek Simpang Joglo dimulai. Padahal di sana ada perencanaan underpass. Tahun ini juga Jembatan Mojo akan ditutup karena ada pekerjaan rehabilitasi jembatan. Kalau Jembatan Jurug A ditutup dampak kemacetannya luar biasa,” urai dia.

Baca Juga: Ini 3 Proyek Besar yang Diprediksi Bikin Solo Macet Luar Biasa

Politikus PDIP tersebut memprediksi dampak kepadatan arus lalu lintas dari penutupan Jembatan Jurug A akan sangat terasa di Solo utara dan Solo timur. “Apalagi ring road atau jalan lingkar Mojosongo pasti terjadi keruwetan luar biasa,” ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya