SOLOPOS.COM - ilustrasi

ilustrasi

SOLO–Arus lalu-lintas (lalin) kendaraan yang masuk ke Sukoharjo pada H-5 Lebaran mulai terasa. Berdasar pantauan pos pengamanan (pospam) di lima titik di Sukoharjo, kepadatan arus lalu lintas, belum mengalami peningkatan signifikan atau  baru naik kira-kira dua persen dibanding hari-hari biasa.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

”Jumlah kendaraan yang masuk memang mengalami kenaikan. Tetapi belum menampakkan kenaikan arus mudik Lebaran yang signifikan,” ujar Kasat Lantas Polres Sukoharjo, Christian Aer ketika ditemui saat buka bersama di salah satu rumah makan di Pabelan, Selasa (14/8/2012).

Ekspedisi Mudik 2024

Menurut dia dari lima pospam di Sukoharjo, kawasan Kartasura dan sekitarnya menjadi daerah yang paling padat arus lalu lintasnya. Berdasar pantauan di tiga pospam yakni Pertigaan Ngasem, Simpang Empat Kartasura dan Simpang Tiga Tugu Kartasura, kepadatan arus lalin terjadi menjelang pukul 18.00 WIB.

Menurut Christian, Kartasura merupakan pertemuan arus dari wilayah Solo, Jogjakarta dan Semarang. Akibatnya kawasan itu kerap mengalami kepadatan arus lalin.

Menyinggung kepadatan arus mudik, dia memrediksi bakal terjadi lonjakan pada H-4 sampai H-3 Lebaran atau mulai Rabu (15/8) sampai Kamis (16/8) sore. Karena para karyawan di berbagi daerah sudah banyak yang mendapatkan libur atau cuti Lebaran.

Dia menambahkan keberadaan kamera pemantau atau CCTV di tiga tempat yaitu di Simpang Tiga Tugu Kartasura, Simpang Simpang Empa Kartasura dan Simpang Tiga UMS amat membantu.

Apalagi Tugu Kartasura merupakan Simpang Tiga arus dari Jogja-Solo dan Semarang (Joglosemar) yang dinilai amat padat sehingga perlu pemantauan cermat. Kendati demikian pihaknya sengaja tak menempatkan rest area di Kartasura.

Sebab selain kawasan itu merupakan jalur padat dan pendek, pihaknya juga kesulitan mendapatkan tempat luas untuk parkir kendaraan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya