SOLOPOS.COM - Presiden FIFA Gianni Infantino (kanan) didampingi Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan (kedua kanan) berbincang dengan Wakil Ketua Umum PSSI Iwan Budianto setibanya di Kantor PSSI di Jakarta, Selasa (18/10/2022). (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/rwa)

Solopos.com, JAKARTA—PSSI berjanji mentransformasi total sepak bola nasional.  PSSI akan melakukan aksi nyata sehingga kelak akan terjadi perubahan total dalam pengelolaan sepak bola di Indonesia.

Hal itu dinyatakan PSSI seusai bertemu dengan Presiden FIFA Gianni Infantino yang datang ke Indonesia setelah tragedi Kanjuruhan, Malang.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Kami akan melakukan perombakan secara maksimal. Kami akan membuktikan dalam aksi nyata supaya semua bisa melihat bahwa PSSI tidak lagi sama,” ujar anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI Vivin Cahyani Sungkono seusai pertemuan PSSI dengan FIFA di Kantor PSSI, Jakarta, Selasa (18/10/2022).

Baca Juga: Setelah Bertemu Jokowi, Presiden FIFA Temui PSSI

Menurut Vivin, langkah pertama PSSI untuk mengubah wajah sepak bola Indonesia adalah bekerja sama erat dengan Gugus Tugas Transformasi Sepak Bola Indonesia yang beranggotakan FIFA, AFC, PSSI dan beberapa kementerian.

PSSI lalu akan membenahi sistem pertandingan di Indonesia dan mendorong klub-klub untuk mendapatkan lisensi profesional dari AFC.

“Hal itu supaya masing-masing klub mengetahui apa yg harus dilakukan, misalnya soal jumlah penonton yang masuk ke stadion harus sesuai dengan kapasitas, kemudian steward yang bertugas harus benar-benar dilatih dengan baik,” tutur Vivin.

Baca Juga: Tragedi Kanjuruhan Tak Ubah Sikap FIFA Gelar Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia

Untuk menunaikan tugas itu, Vivin menegaskan PSSI membutuhkan bantuan dari seluruh pemangku kepentingan sepak bola Indonesia, termasuk pemerintah yang dalam hal ini adalah Kemenpora dan kementerian lainnya, KONI serta KOI.

PSSI juga mengharapkan Presiden Joko Widodo terus memberikan arahan dan sokongan.

“FIFA pun sudah memohon kepada pemerintah Indonesia untuk membantu PSSI dalam pengadaan VAR karena dari di situlah integritas pertandingan akan semakin meningkat. FIFA dan AFC juga memberikan asistensi penuh kepada PSSI dalam beberapa bulan ke depan,” kata Vivin.

Baca Juga: Jokowi Ungkap Mengapa PSSI Tak Hadir di Istana Sambut Presiden FIFA

Sebelum bertemu dengan PSSI di Kantor PSSI, Presiden FIFA Gianni Infantino terlebih dahulu berjumpa dengan Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, Senin siang.

Presiden Joko Widodo dan Gianni Infantino pun menyepakati sejumlah hal, terutama soal transformasi sepak bola Indonesia secara menyeluruh termasuk memastikan semua aspek pertandingan berjalan sesuai standar FIFA.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya