Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca
 Peternak merawat ayam cemani atau ayam kedu (Gallus gallus domesticus) di Peternakan Kandang Cemani Cileungsi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (7/6/2021). (Antara/Yulius Satria Wijaya)
Espos Plus Jateng

Kental Ritual Mistis, Ayam Cemani Hasil Modifikasi Abad Ke-12

Ayam cemani yang kental dengan ritual mistis merupakan ayam lokal asli Kecamatan Kedu, Temanggung, Jawa Tengah hasil modifikasi genetik yang dikembangkan sejak abad ke-12.

Solopos.com, TEMANGGUNG — Ayam cemani yang kental dengan ritual mistis merupakan ayam lokal asli Kecamatan Kedu, Temanggung, Jawa Tengah hasil modifikasi genetik yang dikembangkan sejak abad ke-12. Ayam ini mempunyai ciri spesifik warna bulu hitam legam polos menyelimuti seluruh tubuh, termasuk warna kulit, shank (ceker), telapak kaki, jengger, pial, bola mata, paruh, lidah, tenggorokan, telak dan lubang dubur berwarna hitam, juga warna daging, tulang kehitam-hitaman. 

Mengutip laman resmi Kementerian Pertanian (Kementan), ayam cemani sempurna memiliki persentase warna hitam 100% termasuk warna darah kehitaman. Pemanfaatan ayam cemani adalah untuk upacara keagamaan dan digunakan untuk obat bagi orang-orang tertentu yang mempercayainya dan juga mempunyai produksi telur yang baik. 

Berita Terpopular
Indeks Berita
Part of Solopos.com
Punya akun? Silahkan login
Daftar sekarang...
Support - FaQ
Privacy Policy
Tentang Kami
Kontak Kami
Night Mode