SOLOPOS.COM - Kondisi flyover Purwosari, Solo, Senin (8/2/2021). (Solopos/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO — Pemkot Solo bakal melarang kendaraan berat melintasi flyover Purwosari. Kendaraan tersebut nantinya harus lewat underpass Makamhaji, Kartasura, Sukoharjo.

Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo, mengatakan hal tersebut kepada wartawan, Senin (8/2/2021). “Setelah diresmikan [flyover Purwosari] akan dibuka untuk kendaraan umum. Yang tidak boleh lewat sana kendaraan berat. Lewat selatan. Underpass,” katanya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Solo, Ari Wibowo, mengatakan kendaraan berat tidak bisa melintasi jalur layang Purwosari sesuai arahan Wali Kota. Kebijakan kendaraan berat tak boleh lewat flyover Purwosari berat pernah dikoordinasikan dengan Pemerintah Kabupaten Sukoharjo.

Baca Juga: Flyover Purwosari Solo Batal Diresmikan Besok Padahal Tenda Sudah Dipasang, Ada Apa?

“Ya sebenarnya kalau angkutan berat dulu sudah koordinasi dengan Sukoharjo juga. Diarahkan ke sana. Misalnya di underpass. Pembukaan flyover Purwosari kan mengurangi beban kendaraan Makamhaji juga,” ungkapnya.

Menurut Ari, salah satu pertimbangan pelarangan kendaraan berat itu yakni kondisi Jl Perintis Kemerdekaan yang sempit dan hanya satu jalur ke selatan. Solusi jangka panjangnya, Dishub akan meminta percepatan realisasi pembangunan jalur lingkar timur-selatan.

“Pada 2016 sudah ada kajiannya. DPUPR Kota Solo membantu mengawal tim kementerian pusat beberapa waktu lalu datang ke sini melakukan survei. Nanti bisa dialihkan ke sana [jalur lingkar timur-selatan],” paparnya.

Baca Juga: Walah, Peresmian Flyover Purwosari Solo Ditunda

Peresmian Ditunda

Sebelum dibangun flyover, kendaraan berat seperti truk dan bus bebas melintas di perlintasan sebidang KA Purwosari. Sementara itu, peresmian flyover Purwosari Solo yang sedianya berlangsung Selasa (9/2/2021) dipastikan ditunda.

Penundaan yang mendadak itu membuat penyelenggara kecele karena sejumlah persiapan sudah dilakukan. Bahkan hingga Senin siang pekerja sudah memasang tenda dan panggung untuk seremonial peresmian.

Begitu juga jalur flyover dan jalan sekitar juga sudah dibersihkan dengan cara disiram menggunakan penyemprot air milik armada pemadam kebakaran. Dishub Kota Solo bersama pelaksana proyek juga sudah merencanakan geladi kotor peresmian, Senin malam.

Baca Juga: PT KAI Terbitkan Gapeka 2021: Jadwal KA Berubah, Waktu Tempuh Lebih Singkat

Namun, semua persiapan itu akhirnya dihentikan menyusul kabar dari pemerintah pusat bahwa peresmian flyover Purwosari tak bisa dilaksanakan pada Selasa. Alasannya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono yang akan meresmikan langsung flyover tersebut harus mengikuti rapat terbatas dengan Presiden.

Warga yang kadung menunggu pembukaan jalan layang Purwosari harus menunggu sampai ada informasi lanjutan dari Kementerian PUPR dan Pemerintah Kota (Pemkot) Solo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya