SOLOPOS.COM - Warga menunjukkan uang kertas baru 2022 seusai penukaran di mobil kas keliling Bank Indonesia di Balai Kota Solo, Jumat (19/8/2022). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Terdapat keunikan dari uang baru emisi 2022 yakni ukurannya yang berbeda-beda tiap pecahannya. Sebenarnya kenapa ukuran uang baru 2022 dibikin berbeda-beda?

Sepert diketahui Bank Indonesia (BI) baru-baru ini resmi mengedarkan 7 pecahan uang baru tahun emisi 2022, pada Kamis (18/8/2022). Lantas, apa alasan ukuran uang emisi 2022 ini berbeda-beda?

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menurut Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo, tampilan baru 7 pecahan Uang Rupiah Kertas Tahun Emisi (TE) 2022 memiliki inovasi baru, agar uang Rupiah semakin mudah untuk dikenali ciri keasliannya, nyaman, dan aman untuk digunakan.

“Terdapat tiga aspek inovasi penguatan Uang TE 2022 yaitu desain warna yang lebih tajam, unsur pengaman yang lebih andal, dan ketahanan bahan uang yang lebih baik,” ujar Perry di Jakarta, seperti yang dilansir Bisnis.com belum lama ini.

Selain itu, hal istimewa lainnya dari uang baru ini adalah terkait ukurannya. Diketahui uang kertas tahun emisi 2022 memang memiliki ukuran lebih pendek dari uang kertas tahun emisi 2016. Terkecuali untuk uang kertas pecahan Rp100.000, baik emisi 2022 maupun 2016 karena panjang dan lebarnya sama.

Baca Juga: Penukaran Uang Baru Emisi 2022 di Karanganyar Jadi Buruan Para Kolektor

Melansir Antaranews, Kepala Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia (BI) Marlison Hakim, mengatakan BI meningkatkan aspek keamanan dalam membuat tujuh pecahan uang rupiah kertas tahun emisi 2022 guna mencegah upaya pemalsuan.

BI mengusung konsep semakin kecil pecahan uangnya, maka semakin pendek ukurannya. BI pun menanggapi masukan Persatuan Tunanetra Indonesia (Pertuni) dengan menambah selisih panjang antar pecahan yakni yang sebelumnya 2 milimeter saat ini menjadi 5 milimeter untuk memudahkan kalangan tunanetra membedakan pecahan uang.

Jadi jelas, alasan kenapa ukuran uang yang berbeda-beda ini juga memiliki alasan yang baik, sebab hal itu dimaksudkan untuk membatu kaum tunanetra lebih mudah atau tidak kesulitan dalam membedakan pecahan uang.

Sebagai informasi, uang TE 2022 masih tetap mempertahankan gambar utama pahlawan nasional pada bagian depan, serta tema kebudayaan Indonesia (gambar tarian, pemandangan alam, dan flora) pada bagian belakang sebagaimana uang emisi 2016.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya