SOLOPOS.COM - Seniman Kalimantan tengah menampilkan lima tarian khas suku Dayak di Pesta Kesenian Bali 2019 di Taman Budaya Provinsi Bali, Denpasar, Bali, Kamis (11/7/2019). (Antara/Nyoman Budhiana)

Solopos.com, SOLO – Selain dikenal sebagai suku yang penuh magis, Suku Dayak di Kalimantan juga diakui melahirkan orang-orang dengan paras menawan. Tahukah Anda kenapa orang Dayak selalu tampak cantik meski hidup tepat di Garis Khatulistiwa, garis perlintasan Matahari?

Dikutip dari laman resmi milik Bidang Penelitian dan Pengembangan Kota Palangkaraya, Palangkaraya.go.id, Selasa (15/3/2022), para perempuan Dayak dipastikan sudah cantik sejak lahir.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kebanyakan gadis Dayak memang memiliki kulit bersih kuning langsat. Kulit bersih dan cantik itu ternyata bukan merupakan hasil perawatan skin care.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca Juga: Kisah Nyai Balau, Wanita Sakti dari Dayak Kalimantan

Disebutkan orang Dayak memiliki resep tertentu dalam merawat kulit menggunakan ramuan herbal alami. Sebagian gadis Dayak juga disebut selalu memakai pakaian tertutup saat pergi ke ladang atau berpanas-panasan.

Selain itu, ada pula yang menyebut nenek moyang Suku Dayak memiliki hubungan erat dengan ras Mongol sehingga melahirkan keturunan dengan kulit kuning langsat cerah. Namun, para perempuan gadis Dayak tidak sipit seperti orang Mongol.

Terlepas dari sejumlah dugaan kenapa orang Dayak bisa selalu tampil cantik, mereka juga dikenal memiliki sifat yang mampu memikat pria. Bukan karena pelet atau ilmu klenik aneh-aneh, gadis Dayak memang mampu memikat hati para pria karena kelembutan mereka.

Baca Juga: Bertemu Presiden Jokowi, Tokoh Adat Kalimantan Timur Sampaikan Ini

Palangkaraya.go.id menyebut para gadis Dayak memang dididik dengan budi pekerti luhur oleh keluarganya sehingga menjadi pribadi yang penuh sopan santun. Rasanya tidak berlebihan menyebut gadis Dayak istri-able karena kecantikannya yang dilengkapi dengan sopan santun, keramahan, dan kelembutan.

Fakta-fakta tersebut juga menepis anggapan segelintir masyarakat yang menyebut orang Dayak selalu tampil sangar. Di balik stigma tersebut, Suku Dayak nyatanya ramah dan berbudi pekerti luhur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya