SOLOPOS.COM - Sejumlah santri memainkan alat musik rebana dalam pertunjukan Musabaqah Rebana Klasik Santri di Kota Salatiga, Jateng, Sabtu (21/10/2017). (JIBI/Solopos/Antara/Aloysius Jarot Nugroho)

Solopos.com, SOLO — Sejak ditetapkan pada 2015 lalu, Hari Santri Nasional akan diperingati besok, Jumat, tanggal 22 Oktober 2021.

Penetapan Hari Santri Nasional tertuang dalam Keprres Nomor 22/2015 yang ditandatangani oleh Presiden Jokowi.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Lalu, bagaimana sih sejarah Hari Santri Nasional yang jatuh setiap tanggal 22 Oktober?

Baca Juga: Viral Video Mesum Lele 13 Detik, Diperankan Gamers PUBG

Selain itu, kenapa Hari Santri Nasional selalu diperingati pada tanggal 22 Oktober, termasuk pada tahun ini, 2021?

Sebagai informasi, sejarah Hari Santri 2021 berhubungan erat dengan perjuangan para santri yang berperan aktif dalam merebut kembali kedaulatan negara republik Indonesia dari penjajahan bangsa asing.

Baca Juga:  Akhirnya Aurel Hermansyah Ketemu Raul Lemos, Netizen Ikut Bahagia

Mengutip dari laman resmi Kementerian Agama, penyebab kenapa Hari Santri Nasional diperingati setiap 22 Oktober, termasuk di tahun ini, 2021 adalah bermula dari fatwa yang disampaikan Pahlawan Nasional KH Haysim Asy’ari.

Haysim Asy’ari mengingatkan kepada masyarakat tentang perlunya resolusi jihad yang dilakukan untuk menggerakkan kaum pemuda santri dan masyarakat berjuang bersama melawan penjajah di Surabaya pada 10 November 1945.

Baca Juga: Deddy Corbuzier Disomasi Pekerja Sosial, Nikita Mirzani Angkat Bicara

Dia juga memutuskan untuk melakukan jihad melawan pasukan kolonial di Surabaya, Jawa Timur. Keputusan tersebut dibuat setelah terdengar kabar tentara Belanda berupaya kembali menguasai Indonesia dengan membonceng sekutu.

Atas dasar itu, para santri meminta kepada pemerintah agar segera menentukan sikap dan tindakan supaya tidak membahayakan kemerdekaan serta agama. Terjadilah pertempuran di Surabaya, antara para santri dan rakyat melawan sekutu. Pemimpin sekutu. Brigjen Aubertin Walter Sothern Mallaby tewas dalam pertempuran tersebut.

Baca Juga:  Biaya Endorsement Capai Rp150 Juta, Siapa Sebenarnya Rachel Vennya?

Selain mengetahui kenapa Hari Santri Nasional diperingati setiap tanggal 22 Oktober, termasuk di tahun ini, 2021, Anda juga wajib memahami tujuan diperingatinya hari santri itu sendiri.

Tujuan Hari Santri Nasional adalah untuk mengingatkan masyarakat dan para santri tentang perjuangan dan meneladani semangat jihad para santri yang digelorakan para ulama sebelumnya.

Baca Juga:  8 Kampus di Indonesia yang Lulusannya Cepat Dapat Kerja

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya