SOLOPOS.COM - Lumpia Semarang. (Freepik)

Solopos.com, SEMARANG — Kelezatan rasa kuliner lumpia khas Semarang tidak perlu diragukan lagi. Ada berbagai penjual lumpia dengan beragam harga yang bisa ditemui dengan mudah di Semarang.

Maklum saja, lumpia merupakan karya kuliner paling terkenal dari Kota Semarang, Jawa Tengah. Belum lengkap rasanya jika ke Semarang tanpa mencicipi makanan yang satu ini.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Lumpia sebenarnya merupakan jajanan tradisional dari Tionghoa. Namun, setelah mengalami perpaduan kuliner dengan Jawa dan Tiongkok, lumpia lebih dikenal sebagai penganan khas Kota Semarang.

Makanan ini terdiri dari kulit tipis dari gandum yang dijadikan pembungkus. Isiannya adalah irisan rebung, telur, daging ayam, dan udang yang dimasak dengan bumbu spesial sehingga menciptakan kelezatan rasa tiada terkira.

Berbeda dengan lumpia di kota lain, lumpia khas Semarang ini dikenal dengan ukurannya yang besar dan isian lebih padat. Rasanya gurih manis dari perpaduan rebung yang renyah dengan daging ayam, telur, dan udang.

Baca juga: Asal-Usul Jembatan Berok Semarang, Tertua di Jawa Tengah?

Lantaran ukurannya yang jumbo dan rasa spesial, harga lumpia Semarang pun jauh lebih mahal dibandingkan lainnya. Satu buah lumpia ini dibanderol sekitar Rp18.000.

Harga tersebut sebenarnya wajar bagi Anda yang ingin mencicipi kelezatan rasa kuliner khas Semarang. Pasalnya isian lumpia adalah rebung yang tidak setiap musim ada.

Rekomendasi Lumpia Semarang

Ditambah lagi dengan proses pengolahannya yang cukup memakan waktu. Rebung atau bambu muda harus diiris tipis terlebih dahulu, kemudian direbus dan dibumbui.

Isian lumpia khas Semarang ini pun sangat padat, sehingga ukurannya besar. Satu porsi makanan ini biasanya disajikan dengan saus cocolan dari tepung kanji, gula merah, dan bawang putih serta ditambahkan pilihan acar timun serta cabai.

Baca juga: Ini Dia 6 Tempat Beli Lumpia Enak dan Murah di Semarang

Bukan perkara sulit mencari penjual lumpia di Semarang. Akan tetapi yang paling legendaris adalah Lumpia Gang Lombok di Gang Lombok No. 11, Purwodinatan, Kota Semarang. Buka setiap hari mulai pukul 08.00-17.00 WIB, lumpia di tempat ini dibanderol dengan harga Rp17.000 per buah.

Selain itu ada Lumpia Mbak Lien yang disebut sebagai salah satu terenak di semarang. gerainya berada di Jalan Pemuda No. 1, Gang Grajen, Pandansari, Kota Semarang. Lumpia legendaris Semarang di tempat ini dijual mulai dari harga Rp15.000 hingga Rp23.000 per buah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya