SOLOPOS.COM - Kondisi Umbul Manten di Klaten, Jawa Tengah pada H+2 Lebaran, Sabtu (15/5/2021). (Solopos.com/Ponco Suseno)

Solopos.com, KLATEN –Salah satu keistimewaan Klaten, yakni memiliki banyak umbul. Hal itu menjadikan daerah yang berjuluk Kabupaten Bersinar ini dikenal sebagai Kota 1.000 umbul.

Umbul di Klaten tersebar di berbagai daerah di Klaten. Selain mendukung irigasi sawah dan memenuhi kebutuhan air bersih bagi penduduknya, umbul di Klaten juga menjadi tujuan wisata.

Promosi Gelar Festival Ramadan, PT Pegadaian Kanwil Jawa Barat Siapkan Panggung Emas

Di antara umbul yang berada di Klaten tersebar di beberapa kecamatan, seperti di Kecamatan Polanharjo, Kecamatan Tulung, Kecamatan Kebonarum, Kecamatan Ngawen, Kecamatan Jatinom, dan lainnya.

Beberapa umbul yang telah dikenal masyarakat luas, yakni Umbul Ponggok, Umbul Manten, Umbul Pelem, Objek Mata Air Cokro (OMAC) Tulung, Umbul Besuki, Umbul Nilo, Umbul Brondong, Umbul Brintik, Umbul Pluneng, dan lainnya.

Seluruh umbul di Klaten memiliki air yang sangat jernih. Berbagai umbul di Klaten sering diserbu pengunjung saat akhir pekan atau pun saat libur nasional. Hal itu termasuk saat Lebaran, pergantian tahun, dan hari besar lainnya.

Baca Juga: Yuk Dolan ke Objek Wisata Umbul Klaten, Ini Lokasinya

Berbagai umbul di Klaten tersebut memiliki ciri khas. Umbul Ponggok menawarkan pesona under water. OMAC Tulung dengan suasana alamnya, dan lainnya.

Di Umbul Manten Sidowayah, Kecamatan Polanharjo, para pengunjung tak hanya berenang saat berlibur di objek wisata setempat. Di Umbul Manten disediakan kolam khusus untuk terapi ikan bagi para pengunjung.

“Di sini, kami ada kolam dewasa dan kolam anak. Di luar itu, ada kolam khusus untuk terapi. Begitu masuk ke objek wisata, pengunjung langsung bisa melakukan terapi ikan,” kata Kepala Desa (Kades) Sidowayah, Kecamatan Polanharjo, Mujahid Jaryanto, saat ditemui Solopos.com, di kompleks Umbul Manten Sidowayah, Sabtu (15/5/2021).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya