SOLOPOS.COM - Ukuran ban motor depan dan belakang berbeda. (Wahanahonda.com)

Solopos.com, SOLO — Pemilik sepeda motor harus memperhatikan komponen kendaraan agar tidak salah beli. Salah satunya saat hendak mengganti ban motor depan dan belakang.

Karena Anda harus tahu bahwa ban motor bagian depan dan ban belakang itu ukurannya berbeda. Jadi jangan sampai beli ban depan dan belakang sama ukurannya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Selain memperhatikan ukurannya, sebaiknya membeli ban motor bagian depan dan belakang satu merek, sehingga berkendara lebih nyaman.

Lantas kenapa ban depan dan belakang motor ukurannya beda. Apakah agar lebih serasi penampilannya atau ada tujuan lain.

Ekspedisi Mudik 2024

Dikutip Solopos.com dari Momotor.id dan Otoloka.id, ternyata ukuran ban depan dan belakang sepeda motor dibuat beda karena ada tujuannya.

Baca juga: Naik Motor Dilarang Pakai Sandal Jepit, Kena Tilang?

Ban motor depan dan belakang ukurannya beda, ban depan ukurannya lebih kecil dari ukuran ban bagian belakang.

Ban depan dirancang untuk menjaga grip saat melakukan manuver dan mencengkram aspal saat pengereman.

Sedangkan ban belakang ukurannya lebih besar tujuannya untuk menopang bobot motor (dan penumpangnya) serta mengoptimalkan traksi ke aspal saat berakselerasi.

Selain itu konstruksi ban motor bagian depan dan belakang juga berbeda. Ban depan dibangun dengan konstruksi satu lapis yang lebih lunak.

Baca juga: Servis Motor Berapa Bulan Sekali? Ini Jawabannya

Sementara ban belakang sepeda motor dibangun dengan konstruksi dua lapis yang lebih kuat karena untuk menopang beban (penumpang).

Perbedaan lainnya selain ukuran dan konstruksi adalah motif ban motor depan dan ban belakang juga berbeda. Ban depan cenderung memiliki motif untuk memecahkan air sedangkan ban belakang tidak.

Tidak hanya itu, Anda juga dilarang mengubah posisi ban. Di mana ban belakang yang ukurannya lebih besar dipasang untuk depan, dan ban depan untuk bagian belakang.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya