SOLOPOS.COM - Bersama sang istri, mendiang Ani Yudhoyono, SBY pernah berkunjung ke Istana Buckingham pada Oktober 2012. (Antara)

Solopos.com, JAKARTA — Presiden ke-6 Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mempunyai kenangan bersama Ratu Inggris, Ratu Elizabeth II.

Bersama sang istri, mendiang Ani Yudhoyono, SBY pernah berkunjung ke Istana Buckingham pada Oktober 2012.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kunjungan kenegaraan tersebut bertujuan untuk meningkatkan hubungan kedua negara. Ratu Elizabeth II memberikan perjamuan mewah di Istana Buckingham untuk menghormati SBY dan Ani.

Dalam pidato kepada 177 tamu makan malam di Ballroom Istana, Ratu Elizabeth memuji hubungan yang kuat antara Indonesia dan Inggris.

Baca Juga: Bayangan Lady Diana di Balik Kemilau Istana Inggris

“Saya yakin jika kita bekerja sama dalam aspirasi bersama untuk membangun dunia yang makmur berdasarkan kebebasan fundamental, kemitraan antara Inggris dan Indonesia akan terus berkembang,” kata Ratu Elizabeth II dalam pidatonya kala itu.

Dia menggambarkan Indonesia telah mengalami transformasi yang luar biasa sejak SBY memimpin Indonesia pada 2004.

“Sekarang ini adalah demokrasi yang berkembang dan salah satu ekonomi dengan pertumbuhan tercepat di dunia,” imbuhnya.

Baca Juga: Ratu Elizabeth II Mangkat, Klub Liga Premier Minta Jadwal Akhir Pekan Ditunda

Ratu Elizabeth II juga pernah mengunjungi Indonesia bersama suaminya Pangeran Philip. Momentum itu terjadi tahun 1974 di era Presiden Soeharto.

Seperti diberitakan, Ratu Elizabeth II meninggal dunia di usia 96 tahun pada Kamis (8/9/2022) waktu Inggris.

Kabar tersebut diumumkan pertama kali melalui akun Twitter Keluarga Kerajaan. Dilansir Bloomberg, akun Keluarga Kerajaan @RoyalFamily memposting tweet yang menyatakan Ratu Elizabeth II telah ‘meninggal dengan tenang di Balmoral’, Skotlandia pada pukul 18.30 waktu setempat, dua menit sebelum pengumuman di BBC.

Baca Juga: Ini Perubahan Gelar Keluarga Kerajaan Inggris Setelah Ratu Elizabeth II Wafat

Raja Charles III akan meneruskan takhta Kerajaan Inggris setelah kematian Ratu Elizabeth II. Raja baru Inggris tersebut mengatakan Ratu Elizabeth II merupakan penguasa yang disayangi dan akan dirindukan.

Selain itu, mendiang juga merupakan ibunda yang sangat dicintai olehnya.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Ini Momen Kebersamaan SBY dengan Ratu Elizabeth II

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya