SOLOPOS.COM - Nicky Hayden (Harian Jogja/JIBI/Reuters)

Para pembalap Nascar melakukan aksi untuk mengenang Nicky Hayden.

Solopos.com, NORTH CAROLINA – Ada banyak cara untuk mengenang seseorang yang sudah pergi untuk selamanya. Bagi para pembalap NASCAR, bersepeda dengan menempuh jarak 69 mil dianggap menjadi cara terbaik untuk memberikan tribute pada Nicky Hayden.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Ya, pada 22 Mei 2017 lalu dunia dikejutkan dengan meninggalnya Hayden menyusul kecelakaan saat bersepeda di Italia. Pembalap berjuluk The Kentucky Kid itu cedera parah di bagian kepala yang membuatnya harus meregang nyawa di usia 36 tahun. Sebelum permakaman Hayden di tempat kelahirannya di Owensboro, Kentucky, Senin (29/5/2017), lebih dari 60 orang termasuk sejumlah pembalap Nascar berinisiatif bersepeda untuk memberi penghormatan yang terakhir kalinya.

Jimmie Johnson, peraih tujuh kali juara NASCAR, memimpin rombongan pesepeda yang menempuh perjalanan sejauh 69 mil atau 111 kilometer (km) di Charlotte, North Carolina, Amerika Serikat, Sabtu (27/5). Angka 69 dipilih karena merupakan nomor motor Hayden. Johnson mengatakan ide bersepeda sepanjang 69 mil muncul dari Josh Strang, rekannya yang juga pembalap motocross.

“Dengan cara ini, kami bisa menyebarkan cinta tentang teman kami Nicky. Semoga juga bisa meningkatkan kesadaran dalam bersepeda,” ujar Johnson dilansir Motorsport, Sabtu.

Ide tersebut ternyata disambut baik oleh kawan Johnson di ajang balap NASCAR. Layaknya bola salju, pembalap lain seperti Matt Kenseth, Chase Elliot, Kasey Kahne hingga Daniel Suarez ikut bergabung di kegiatan bersepeda 69 mil itu. Johnson mengatakan Hayden memang layak dikenang karena mewakili Amerika dalam dunia balap di luar negeri.

“Kami tidak memiliki banyak pembalap [Amerika] dalam bentuk motorsport lain di luar sana. Dan di Motogp, Colin Edwards dan Nicky Hayden, mereka adalah perwakilan kami.”

Adapun upacara permakaman Hayden, Senin, akan berlangsung pukul 12.00 waktu setempat atau Selasa (30/5/2017) dini hari WIB pukul 00.00 WIB. Upacara tersebut akan disiarkan secara live streaming pada laman Facebook sang pembalap.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya