SOLOPOS.COM - Kepala Grup Bisnis Mikro BRI Syariah, Cahyo Wisnu Prabowo (dua dari kanan), bersama Wakil Wali Kota Solo, Achmad Purnomo (kiri) dan Kepala OJK Solo, Eko Yunianto (dua dari kiri), saat penyerahan simbolis penyaluran pembiayaan melalui i-Kurma dalam pembukaan IB Vaganza, di Solo Paragon Mall, Jumat (22/11). (Solopos/Bayu Jatmiko Adi)

Solopos.com, SOLO - BRIsyariah memperkenalkan aplikasi i-Kurma (Kemaslahatan Untuk Rakyat Madani) kepada nasyarakat Solo. Pada pembukaan Islamic Bank (IB) Vaganza di Solo Paragon Mall, Jumat (22/11/2019), BRIsyariah menyalurkan KUR kepada dua nasabahnya yang diproses melalui i-Kurma.

Aplikasi i-Kurma telah resmi diluncurkan belum lama ini, tepatnya bersamaan dengan milad ke-11 BRIsyariah. Dijelaskan, aplikasi i-Kurma memungkinkan pengajuan pembiayaan nasabah bisa selesai hanya dalam 1 hari setelah dokumen lengkap.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Untuk mengakselerasi pertumbuhan pembiayaan mikro dan KUR, kami telah meluncurkan i-Kurma. i-Kurma adalah aplikasi digital untuk memproses pembiayaan mikro dan KUR. i-Kurma akan mempercepat proses pencairan. Selama ini proses bisnis pembiayaan mikro dan KUR membutuhkan waktu kurang lebih selama 9 hari. Dengan adanya i-Kurma, pencairan pembiayaan bisa dilakukan 1 hari setelah dokumen lengkap,” kata Fidri Arnaldy, Direktur Bisnis Ritel BRIsyariah, dalam rilisnya yang diterima Solopos.com, Jumat.

Dia menjelaskan, pada tahun 2019 BRIsyariah giat membidik sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk menyalurkan pembiayaan mikro. Hingga Oktober 2019, pembiayaan mikro BRIsyariah terus menunjukkan pertumbuhan positif mencapai 19%. Pembiayaan ini disalurkan ke sektor produktif serta perdagangan baik untuk modal kerja maupun investasi.

"Hingga Oktober 2019 BRIsyariah telah merealisasikan penyaluran KUR sekitar Rp1,3 triliun atau sekitar 86% dari target Rp1,5 triliun. Kami akan berupaya mencapai 100% target. Melalui KUR kami mendukung peningkatan akses pembiayaan modal kerja maupun investasi kepada pelaku UMKM. Kami menyalurkan pembiayaan kepada lebih dari 24.000 nasabah sepanjang bulan Januari hingga Oktober 2019, agar mereka dapat tumbuh dan berkembang bersama BRIsyariah,” terang Fidri.

"Akselerasi penyaluran pembiayaan mikro ini harus dilakukan agar kami tidak kalah cepat dengan tekfin [teknologi finansial] pembiayaan dari segi waktu proses dan pelayanan. Ke depannya kami akan mengembangkan inovasi lain untuk mengembangkan bisnis kami.” lanjut Fidri.

Melalui peluncuran aplikasi itu pula, BRIsyariah menguatkan diri sebagai satu-satunya bank syariah yang menyalurkan KUR. Kepala Grup Bisnis Mikro BRI Syariah, Cahyo Wisnu Prabowo, berharap dengan aplikasi i-Kurma, sedangan pelayanan yang lebih cepat dan mudah, masyarakat bisa lebih nyaman mengakses pembiayaan di BRIsyariah.

"Untuk KUR, kami memang satu-satunya bank syariah yang menyalurkan KUR kepada masyarakat, dengan margin 7%. Dengan akad sesuai syariah diharapkan pembiayaan berkah," kata dia saat ditemui Solopos.com di Solo Paragon Mall, Jumat. Dia mengatakan saat ini i-Kurma sudah mulai dijalankan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya