SOLOPOS.COM - Aplikasi GolekTruk. (Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA — Platform informasi iklan pasar angkutan atau freight exchange, GolekTruk, menjadi solusi dari permasalahan bisnis logistik di Indonesia.

Permasalahan dalam bisnis logistik, seperti pengiriman barang, keterbatasan armada angkutan, lokasi bisnis terpencil, tidak ada standar ongkos angkut barang, hingga tidak seimbang informasi penyedia layanan angkutan dan muatan yang akan diangkut.

Promosi Kinerja Positif, Telkom Raup Pendapatan Konsolidasi Rp149,2 Triliun pada 2023

Platform GolekTruk digadang-gadang menjadi solusi dari permasalahan bisnis logistik tersebut. Golektruk adalah wadah bagi pengusaha truk dan pemilik barang/muatan untuk memasang iklan dengan detail seperti jenis truk, rute yang dilayani, beserta informasi harga, dan nomor yang dapat dihubungi

“GolekTruk bisa membantu para pengusaha truk [transporter] agar tidak kesulitan mencari order muatan bahkan muatan balik dari tujuan bongkar kembali ke daerah asal. GolekTruk menjangkau para pemilik muatan di seluruh Indonesia,” tulis rilis yang diterima Solopos.com pada Senin (19/12/2022).

Menurutnya informasi muatan balik sangat penting untuk pengusaha truk karena biaya pengiriman pulang dan pergi dapat dibantu dengan muatan balik. Biasanya, lanjutnya, transporter sudah menghitung biaya yang akan dikeluarkan untuk satu kali pengiriman beserta biaya balik dengan asumsi muatan balik kosong.

Baca Juga : Sarasehan Soloraya: Kata Pengusaha Soal Kolaborasi Pemulihan Ekonomi

Padahal, tuturnya, jika truk tersebut bisa diisi muatan saat kembali ke daerah asal, transporter akan mendapatkan pemasukan tambahan. Bahkan, ongkos kirim muatan balik bisa ditekan dan lebih murah dibanding truk berjalan tanpa muatan atau ngosong.

“Di sisi pemilik barang/muatan [shipper], GolekTruk sebagai solusi digital informasi penyedia jasa angkutan. Pemilik barang mendapatkan kemudahan mencari jenis angkutan yang cocok. Bahkan, mendapatkan harga ongkos angkut murah karena memanfaatkan truk balik dari pengusaha truk yang tidak mau truk kosong saat kembali ke daerah asal,” jelasnya.

Biaya logistik yang murah akan meningkatkan keuntungan pemilik barang dan menurukan biaya operasional perusahaan pemilik barang. Dampaknya bisa membuat harga barang stabil dan menciptakan persaingan harga sehat sehingga meningkatkan daya beli dan kesejahteraan masyarakat.

Nah, berikut ini kami sampaikan keuntungan bergabung di GolekTruk:

1. Bagi Pengusaha Truk

  • Jangkauan pemasaran yang luas
  • Variasi rute baru
  • Peningkatan utilitas truk
  • Efisiensi biaya kirim
  • Penghematan biaya pemasaran

Baca Juga : Bisnis Indonesia Pelopor Ajang BILA 2022, Ini Daftar Pemenang Penghargaan

2. Bagi Pemilik Barang/Muatan

  • Ketersediaan pengantar barang secara instan dan cepat
  • Harga ongkos kirim barang lebih kompetitif
  • Punya banyak pilihan alternatif penyedia layanan angkut
  • Memperluas jaringan distribusi dengan banyaknya pilihan penyedia jasa angkutan

“Platform digital ini hadir karena tren dan potensi industri logistik di Indonesia tinggi. Dengan populasi lebih dari 267 juta orang di 17.500 pulau, hal ini menjadikan peluang inovasi dan layanan baru di sektor logistik untuk memenuhi kebutuhan pasar,” ujarnya.

GolekTruk sebagai agen transformasi digital logistik berharap dapat membantu menekan biaya logistik di Indonesia. Biaya logistik sampai sekarang mencapai 24% dari Produk Domestik Bruto (PDB).

“Dengan turunnya biaya logistik diharapkan dapat meningkatkan daya saing. Pelaku bisnis logistik dapat saling terhubung, bernegosiasi, dan menjaga budaya bisnis masing-masing,” tuturnya.

Baca Juga : ALI Sebut Biaya Logistik Indonesia Masih Mahal, Ini Penyebabnya

Golektruk membidik pasar pelaku UMKM dan pengusaha transporter baik perorangan maupun perusahaan dari skala kecil hingga menengah.

Fitur-fitur yang ada di Golektruk:

  1. Pendaftaran untuk bergabung menjadi pengguna mudah
  2. Informasi armada dan muatan yang baru setiap hari
  3. Kemudahan mencari armada atau muatan berdasarkan rute dan jenis kendaraan
  4. Dapat memposting iklan armada dan muatan tak terbatas
  5. Iklan armada dan muatan yang detail memudahkan pengguna mengambil keputusan kerjasama
  6. Kebebasan transaksi diluar aplikasi GolekTruk
  7. Tanpa ada perantara
  8. Tanpa ada potongan harga layanan

“GolekTruk akan terus berkembang dan melayani pengusaha truk dan pemilik barang/muatan sehingga dapat mengembangkan bisnis. Percepatan informasi, transparansi, dan bebas komisi di GolekTruk akan membantu transporter dan shipper mencapai efisiensi bisnis,” katanya.

Baca Juga : Pergerakan Angkutan Logistik Meningkat 15 Persen Saat PPKM Darurat

GolekTruk mengusung semboyan Cari, Muat, Jalan. Praktis kan? menggambarkan betapa mudah para pengusaha truk dan pemilik barang/muatan mengoperasikan GolekTruk untuk bertemu dan berhubungan secara langsung di media digital.

Para pengusaha truk dan pemilik barang/muatan dapat mengakses GolekTruk melalui laman https://golektruk.com/ atau bisa mengunduh GolekTruk di Playstore.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya