SOLOPOS.COM - Ketahui warna lidah normal. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Warna lidah yang tidak normal bisa menggambarkan kondisi kesehatan seseorang. Sekarang, paham kan mengapa dokter sering meminta pasien menjulurkan lidah ketika melakukan pemeriksaan?

Lidah merupakan indra pengecap yang terdiri dari sejumlah bagian dan memiliki berbagai macam fungsi. Selain berfungsi sebagai pengecap, lidah juga memiliki beberapa fungsi utama, seperti membantu Anda berkomunikasi serta mengunyah dan menelan makanan.

Promosi Waspada Penipuan Online, Simak Tips Aman Bertransaksi Perbankan saat Lebaran

Namun ternyata anggota tubuh ini juga bisa menggambarkan kondisi kesehatan kita. Kok bisa? Simak ulasannya di info sehat kali ini.

Lidah yang normal memiliki ciri warna merah muda, dengan bintik-bintik kecil bernama papila di permukaannya. Namun, lidah bisa mengalami perubahan warna akibat kondisi tertentu.   Salah satu cara untuk mengetahui bahwa tubuh sedang tidak baik-baik saja adalah melihat warna lidah. Sebab, perubahan pada warna lidah dapat menjadi isyarat adanya masalah kesehatan yang mendasarinya.

Dikutip dari alodokter.com pada Rabu (21/9/2022), berikut ini arti perubahan warna lidah yang tidak normal yaitu:

1. Berwarna Putih

Secara umum, lidah yang berwarna putih terjadi akibat kekurangan cairan tubuh atau dehidrasi. Namun, pada bayi, perubahan warna lidah menjadi putih biasanya disebabkan oleh sisa-sisa susu yang menempel.

Baca Juga: Yuk, Cicipi Lezatnya Beragam Kuliner Khas Solo dalam Festival Kuliner Gojek

Waspada juga jika lidah menjadi putih atau dipenuhi bintik-bintik putih tebal. Kondisi ini bisa jadi tanda adanya infeksi jamur di mulut. Sementara itu, adanya bercak putih di lidah dan rongga mulut umumnya terjadi akibat leukoplakia atau perkembangan sel berlebih akibat iritasi. Kondisi ini sering dialami perokok dan bisa jadi tanda awal kanker.

Pada beberapa kasus, lidah yang berubah warnanya menjadi putih juga bisa terjadi akibat lichen planus oral. Meski belum diketahui pasti penyebabnya, kondisi ini ditandai dengan munculnya garis-garis putih pada lidah. Pengidap typhoid juga dapat memiliki lidah berwarna putih, yang disebut coated tongue.

2. Berwarna Abu-Abu

Warna abu-abu pada lidah sering dikaitkan dengan masalah pada organ hati dan usus. Itulah sebabnya jika lidah berubah warnanya menjadi keabuan, bisa jadi ada masalah pencernaan yang dialami.

Baca Juga: Cenil, Tholpit, Mi Pentil, dan Gethuk Mengingatkan pada Akar Kebudayaan

3. Berwarna Kuning

Jika kamu adalah seorang perokok atau pengguna tembakau kunyah, warna lidah kuning bisa jadi sering kamu alami. Kemudian, secara bertahap, lidah bisa berubah menjadi kecoklatan atau hitam di bagian ujungnya. Pada beberapa kasus, penyebab dari perubahan ini juga bisa terjadi akibat penyakit kuning dan psoriasis.

4. Berwarna Coklat

Umumnya, perubahan warna lidah menjadi coklat disebabkan oleh apa yang kamu makan atau minum. Misalnya, kebiasaan minum kopi atau merokok. Kamu perlu waspada jika warna coklat pada lidah tak kunjung hilang. Bisa jadi itu indikasi masalah paru-paru akibat kebiasaan merokok.

5. Berwarna Biru atau Ungu

Lidah yang berubah warna jadi biru atau ungu disebut tidak normal dan bisa menjadi tanda adanya masalah jantung. Hal ini biasanya terjadi ketika jantung tidak lagi memompa darah dengan baik atau ketika darah kekurangan oksigen. Selain itu, lidah yang berwarna biru juga bisa terjadi akibat masalah paru-paru atau penyakit ginjal.

Baca Juga: Cara Mengatasi Kepedasan Seperti Dialami Luna Maya saat Makan Paqui

6. Berwarna Hitam dan Berbulu

Perubahan warna lidah menjadi hitam dan terlihat berbulu sebenarnya jarang terjadi, tetapi perlu diwaspadai. Penyebab dari kondisi ini adalah penumpukan bakteri, sehingga membuat lidah terlihat jadi lebih gelap.

Selain pada orang yang kurang menjaga kebersihan mulut, lidah yang warnanya berubah menjadi hitam juga bisa terjadi pada pengidap diabetes atau orang yang menjalani prosedur kemoterapi.

7. Berwarna Merah

Jika warna lidah berubah menjadi merah, kemungkinan itu tanda kamu kekurangan vitamin B9 (asam folat) dan B12. Pada beberapa kasus, lidah yang berubah kemerahan dan bergelombang juga bisa menjadi tanda demam scarlet.

Pada anak-anak di bawah 5 tahun, lidah yang berwarna merah, seperti stroberi bisa jadi tanda penyakit Kawasaki. Selain itu, geographic tongue yang ditandai munculnya bercak merah dan batas putih di sepanjang permukaan lidah juga bisa jadi alasan kondisi ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya