SOLOPOS.COM - Pengasuh Gala bersama mendiang Vanessa Angel. (Instagram/@siska_09)

Solopos.com, SOLO-Meski telah kembali ke Jakarta, namun pengasuh anak Vanessa Angel dan Bibi Ardiansyah, Siska Lorensa, masih mengalami trauma. Hal itu seperti diungkapkan oleh ayah Bibi Ardiansyah, Faisal.

Setelah  kecelakaan, pengasuh Gala  mengalami beberapa luka fisik dan trauma, sehingga sulit diajak berkomunikasi. “Giginya ada beberapa buat yang copot, terus tangan patah dan agak trauma mental,” Kata Faisal, ayah mendiang Bibi Ardiansyah ditemui di rumah duka di kawasan Kembangan, Jakarta Barat, Senin (8/11/2021).

Promosi Aset Kelolaan Wealth Management BRI Tumbuh 21% pada Kuartal I 2024

Faisal sendiri mengaku belum bisa bertanya mengenai kronologis kecelakaan Vanessa Angel dan Bibi Ardiansyah karena melihat kondisi Siska yang masih mengalami trauma setelah kecelakaan. Sehingga bagi korban selamat dalam kecelakaan seperti pengasuh Gala itu, bukan hanya luka fisik yang harus disembuhkan, melainkan juga kesehatan mental harus dipulihkan.

Baca Juga:  Asisten Kenang Perjalanan Hidup Vanessa Angel dan Bibi Ardiansyah

Menurut Michigan Auto Law, trauma setelah kecelakaan mobil adalah kondisi yang nyata dan serius. Trauma setelah kecelakaan biasanya berupa TBI, PTSD, tekanan mental, tekanan emosional dan gangguan penyesuaian.

Trauma ini bisa mengganggu pemulihan medis seseorang, kemampuannya dalam bekerja dan melakukan aktivitas sehari-hari. Pada kasus yang parah, seseorang akan sulit melanjutkan kehidupan sehari-harinya secara normal, seperti sebelum kecelakaan mobil.

Trauma adalah respons korban kecelakaan terhadap sifat menyedihkan dan mengganggu dari kecelakaan mobil. Akibatnya, korban cedera sering merasa kehilangan kontrol, ketidakberdayaan, rasa sakit, kebingungan, kehilangan rasa dan harga diri, serta ketidakmampuan mengatasinya.  Umumnya, orang yang mengalami trauma kecelakaan enggan mengemudi atau berkendara sebagai penumpang menggunakan mobil.

Baca Juga: Masih Trauma, Pengasuh Gala Sky Masih Sering Melamun

Seseorang pun bisa menunjukkan beberapa gejala trauma setelah kecelakaan yang harus segera ditangani oleh dokter profesional. Berikut ini gejalanya seperti dikutip dari Suara.com pada Selasa (9/11/2021):

1. Kilas balik atau menghidupkan kembali ingatan kecelakaan mobil
2. Mimpi buruk tentang kecelakaan mobil
3. Menghinddari berpikir atau berbicara tentang kecelakaan mobil
4. Menghindari mengendarai kendaraan
5. Perubahan pola tidur dan merasa sering mengantuk
6. Putus asa dan Menghindari aktivitas yang sebelumnya diminati
7. Hilang kesadaran
8. Hilang ingatan tentang peristiwa sesaat sebelum kecelakaan
9. Linglung dan bingung
10. Kesulitan konsentrasi, berpikir jernih dan berkomunikasi

Jika seseorang yang baru saja mengalami kecelakaan menunjukkan gejala-gejala tersebut, Anda harus meminta bantuan dokter untuk mengatasinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya