SOLOPOS.COM - Jeff Smith. (Instagram/@mr.jeffsmith)

Solopos.com, SOLO-Ada sejumlah tanda yang bisa mengindikasikan orang memakai narkoba jenis LSD atau tidak seperti yang dipakai Jeff Smith. Sebagaimana diketahui pemeran film Zeta ini kembali berurusan dengan polisi lantaran tersandung kasus narkoba kembali.

Tanda yang menunjukkan apakah orang itu memakai narkoba jenis LSD itu dapat dilihat secara langsung. Sebagaimana diketahui Jeff Smith ditangkap polisi atas kasus penggunaan narkotika jenis LSD atau Lysergic Acid Diethylamide. Pada April 2021 lalu, dia juga pernah ditangkap polisi atas kasus serupa.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Salah satu tanda yang paling menonjol dari kebiasaan memakai narkoba jenis LSD ini adalah mengalami halusinasi. Sementara Jeff Smith mengakui memakai barang haram ini lantaran untuk menunjang stamina.

Baca Juga: Jeff Smith Kembali Tersandung Narkoba, Kekasih Ikut Terkena Getahnya

Ekspedisi Mudik 2024

“Ini cara pakainya ditempelkan di lidah. Sebagai artis sinetron, katanya supaya tidak capek,” jelas Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Endra Zulpan, seperti dikutip dari Suara.com pada Kamis (9/12/2021).

Padahal, menurut Zulpan, efek dari LSD adalah halusinasi.  LSD merupakan obat psikoaktif yang umumnya dijual dalam bentuk tablet atau kapsul. Tetapi terkadang dalam bentuk cair. Cairan ini biasanya dioleskan ke kertas penyerap dan dipotong-potong.

Menurut ilmuwan, LSD bekerja dengan memengaruhi reseptor yang terlibat dalam produksi serotonin, neurotransmitter di otak.

Serotonin terlibat dalam mengatur perilaku, persepsi, dan sistem pengaturan termasuk suasana hati, kontrol motorik, persepsi sensorik, rasa lapar, suhu tubuh, dan perilaku seksual.

Baca Juga: Jeff Smith Keluar Uang Segini untuk Belanja Narkoba Jenis LSD

Ketika sistem ini terganggu dengan menggunakan LSD, itu dapat menyebabkan halusinasi. Pengguna dapat melihat gambar, mendengar suara, dan merasakan sensasi yang tampak nyata meskipun sebenarnya tidak. Halusinasi sensorik ini dapat disertai dengan perubahan emosi yang cepat dan intens.

Berdasarkan Verywell Health, tanda umum penggunaan LSD meliputi:

– Kecemasan atau paranoia
– Kejang
– Pupil melebar
– Disorientasi
– Kulit memerah
– Halusinasi
– Peningkatan suhu tubuh
– Nafsu makan buruk
– Bertele-tele, atau bicara tidak jelas

Sementara gejala dari overdosis LSD bisa berupa serangan panik, psikosis, hingga delusi.  Berbeda dari narkoba lain, LSD tidak dianggap sebagai obat adiktif. Tetapi menggunakannya secara terus menerus akan menyebabkan toleransi.

Baca Juga: Manfaat Lain Buah Jeruk untuk Deteksi Kanker, Begini Caranya

Ketika seseorang menjadi toleran terhadap obat, mereka perlu mengambil lebih banyak untuk mencapai efek yang sama. Ini bisa sangat berbahaya dalam penggunaan LSD, sebab toleransi zat ini cenderung terbentuk dengan cepat dan efek obatnya bisa sangat tidak terduga.

Hal yang paling meresahkan adalah bahwa toleransi LSD memudar dengan cepat, biasanya dalam 72 jam. Kondisi ini bisa membuat seseorang secara tidak sengaja mengonsumsi jumlah yang berpotensi berbahaya atau mematikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya