SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Dok)

Solopos.com, JAKARTA – Pembeli kendaraan bekas acap kali menghindari reputasi daerah banjir dalam memilih. Anda juga bisa dengan mudah mengenali mobil bekas yang memiliki kenangan tergenang atau intens dipakai di daerah banjir.

Dilansir Liputan6.com, kotoran lumpur maupun pasir yang masuk ke bagian mobil bareng dengan banjir bisa merusak kendaraan. Jika sudah begitu, butuh dana lebih untuk membenahinya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Mengenali mobil bekas terkena banjir bisa dengan melihat karat. Anda yang tak ingin menambah masalah saat membeli mobil bekas, bisa memeriksa dan memastikan ada tidaknya karat di bagian-bagian yang tak umum. Sebut saja pada bagian celah kap mesin dan bodi mobil, panel besi dalam kabin, mur di sekitar kursi maupun railing jok.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca Juga: Tips Mobil Tetap Mengilap di Musim Hujan

Sekrup yang kurang kencang bisa menjadi penanda karpet interor pernah dilepas untuk kebutuhan pengeringan setelah mobil terendam air.

Berikutnya, anda bisa memeriksa jejak ketinggian air yang pernah menggenangi mobil. Caranya adalah melihat lampu-lampu mobil. Biasanya jika mobil pernah terendam atau melintasi genangan yang cukup tinggi, maka akan menyisakan air pada bagian lampu-lampu mobil.

Cek juga warna jok adakah perbedaan warna. Sebab, bekas genangan air memungkinkan membuat warna jok berbeda. Berikutnya juga bau lembab. Jika bau lembab pada bagian kabin begitu menyengat, mobil perlu dicurigai pernah terendam air.

Baca Juga: Jika Terendam Banjir, Perawatan Mobil Eropa Lebih Ribet Ketimbang Mobil Jepang

Lubang pembuangan air juga lazimnya memiliki drain plug di bagian lantai atau pintu. Saluran tersebut berfungsi membuang air yang masuk karena genangan. Jika komponen itu hilang atau dilepas, mobil layak dicurigai pernah tergenang hingga air masuk ke bagian tersebut.

Setelah drain plug, bagian kelistrikan mobil juga menjadi area yang bisa untuk mendeteksi genangan air pernah ditemui mobil atau tidak. Perhatian bagian head unit, lampu luar dan dalam, warning light di dasbor apakah berfungsi normal. Wiring yang retak atau kering lazimnya terjadi pada bagian tersebut setelah terendam air.

Baca Juga: TIPS OTOMOTIF : Begini Cara Perawatan Mobil di Musim Hujan

Berikutnya anda perlu memperhatikan bagian-bagian mobil yang sulit dioperasikan. Sebagaimana rem tangan, lingkar kemudi kurang halus, kopling kurang lancar dan sebagainya. Cocokkan dengan sejarah mobil untuk memburu informasi riwayat mobil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya