Kenali Indikator Tidur yang Berkualitas

Ada sejumlah indikator bahwa seseorang telah memiliki tidur berkualitas.
SHARE
Kenali Indikator Tidur yang Berkualitas
SOLOPOS.COM - Ilustrasi tidur bermimpi buruk. (Freepik)

Solopos.com, SOLO-Ada sejumlah indikator yang menandakan seseorang memiliki tidur berkualitas, salah satunya adalah mampu terlelap kurang dari 30 menit. Hal itu diungkapkan Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI) Dr. (Cand.) dr. Inggrid Tania, M.Si.

“Tidur yang berkualitas misalnya dapat tertidur dalam waktu 30 menit atau kurang,” ujar Inggrid.

PromosiCara Meningkatkan Omzet & Performa di Tokopedia, Enggak Sulit Kok!

Indikator lainnya bahwa seseorang memiliki tidur berkualitas menurut Inggrid adalah tidak terbangun di tengah malam. Jikapun terbangun, maka hal itu tidak terjadi lebih dari satu kali.

Tidur pun dapat dikatakan berkualitas apabila setelah terbangun di malam hari, dapat kembali terlelap dalam waktu 20 menit setelah terbangun.  Adapun terkait kuantitas tidur, dr. Inggrid mengatakan kebanyakan orang dewasa membutuhkan tujuh jam hingga sembilan jam tidur di malam hari.

“Tetapi kebutuhan kuantitas tidur setiap individu bisa saja berbeda. Ada yang butuh enam jam, ada pula yang butuh sepuluh sampai sebelas jam tidur di malam hari,” kata Inggrid seperti dikutip dari Antara pada Sabtu (22/1/2022).

Baca Juga: Dua Hal Ini Pengaruhi Kualitas Tidur Anda, Apa Saja?

Sementara itu, praktisi kesehatan tidur dr. Andreas Prasadja mengatakan kualitas tidur yang baik berperan penting pada kesehatan tubuh dan produktivitas sehari-hari.

Ekspedisi Energi 2022

Namun pada kenyataannya, banyak orang dewasa saat ini, terutama di masa pandemi Covid-19, mengalami sulit tidur karena stres, kesibukan yang tinggi, serta pola hidup tidak sehat.

Bahkan, kata dia, sebuah penelitian menunjukkan bahwa salah satu masalah kesehatan yang banyak dikeluhkan oleh penyintas Covid-19 adalah gangguan tidur.  “Gangguan tidur yang dialami orang dewasa umumnya ditandai dengan rasa mengantuk di siang hari, kesulitan tidur di malam hari, sering terbangun di tengah malam, serta siklus tidur dan bangun tidak teratur,” kata dr. Andreas.

Salah satu dokter tidur terkemuka dari Amerika Serikat yakni Dr. Michael Breus membagikan lima tips bagaimana Anda bisa tidur nyenyak berikut ini :

1. Kenali dan tetapkan satu jadwal tidur

Langkah awal agar Anda bisa tidur nyenyak dan berkualitas secara teratur setiap hari adalah dengan mengenali dan menetapkan satu jadwal tidur. Ini perlu dilakukan agar waktu tidur memiliki ritme yang teratur sehingga jam biologis serta fungsi tubuh akan tersesuaikan dan berjalan lancar.

Baca Juga: Ini Alasan Wanita Butuh Tidur Berkualitas Lebih Lama Dibandingkan Pria

2. Nikmati sinar mentari pagi

Tips lainnya agar dapat tidur dengan nyenyak adalah dengan bangun di pagi hari untuk menikmati sinar mentari pagi selama 15 menit. Langkah ini penting dalam membantu untuk mengatur produksi hormon melatonin atau tidur, melancarkan jam tubuh internal selama 24 jam, dan membantu tubuh terkena pola terang dan gelap secara teratur.

3. Hindari kafein mulai pukul dua siang

Minuman berkafein, seperti kopi dan minuman energi memiliki efek stimulan selama 8 jam dan ini berarti mencegah Anda untuk mendapatkan tidur yang nyenyak serta berkualitas. Kalau bisa usahakan untuk menghindari minuman berkafein mulai jam dua siang agar bisa tidur dengan nyenyak.

Baca Juga: Ngeri! Tidur di Hutan, Pria Ini Didatangi Gerombolan Macan Tutul

4. Rutin berolahraga

Tips berikutnya agar bisa tidur dengan nyenyak adalah dengan rutin berolahraga setiap harinya. Anda tidak perlu pergi ke gym atau lari marathon jarak jauh, cukup dengan melakukan olahraga-olahraga sederhana seperti berjalan kaki ke kantor bisa membantu Anda untuk mendapatkan tidur nyenyak.

5. Stop olahraga empat jam sebelum tidur

Olahraga memang dianjurkan untuk membantu tidur dengan nyenyak, tapi jangan juga melakukannya empat jam menjelang waktu tidur. Selain membuat Anda susah tidur, kebiasaan ini juga menunjukkan bahwa Anda merupakan sosok yang tidak disiplin dalam berolahraga. Ada baiknya Anda paling lambat berolahraga ketika siang hari.

 



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
Promo & Events
Berita Terkini
Indeks Berita

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago