SOLOPOS.COM - Sakit kepala merupakan salah satu gejala kerusakan saraf. (Ilustrasi/Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Sebelum terlambat, sebaiknya kenali gejala kerusakan saraf seperti diidap pedangdut Nita Thalia. Simak ulasannya di info sehat kali ini.

Sistem saraf manusia merupakan jaringan sel-sel saraf yang bertanggung jawab untuk mentransfer implus dari otak ke seluruh tubuh agar bisa menjalankan fungsi organ. Oleh karena itu, tak heran jika sistem saraf yang rusak bisa mempengaruhi fungsi tubuh.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sebelum mengetahui gejala kerusakan saraf ini, ketahui terlebih dahulu bahwa penyakit ini bisa disebabkan oleh sejumlah faktor seperti cedera, penyakit autoimun, diabetes, stroke, ataupun efek samping obat. Berikut ini sejumlah tanda yang dirasakan seperti dikutip dari hellosehat.com pada Senin (10/10/2022):

1. Anda merasakan kebas atau mati rasa

Anda merasakan kebas seperti mati rasa, kesemutan, atau rasa terbakar yang menyebar di sekitar tangan dan kaki, terutama di bagian jari-jari. Jika Anda merasakan gejala tersebut ketika sedang tidur dan bersifat sementara, hal ini masih relatif wajar. Tetapi jika Anda merasakannya berulang dan jangka waktu yang lama, segera konsultasikan ke dokter.

Baca Juga: Nita Thalia Alami Kerusakan Saraf Otak Stadium Empat

2. Sulit untuk bergerak

Kerusakan saraf bisa menurunkan aliran darah ke bagian tubuh tertentu, oleh karenanya Anda akan merasakan kekakuan yang menyebabkan sulit bergerak. Menurut seorang ahli saraf di Houston Methodist, R. Glenn Smith, MD, PhD, jika kerusakan saraf terjadi di saraf motorik maka akan menyebabkan penderitanya mengalami kelumpuhan. Gejala saat mengalami kerusakan saraf ini bisa juga memberikan sinyal jika ada masalah serius yang membutuhkan tindakan cepat, misalnya stroke.

3. Kaki terasa sangat nyeri

Jika Anda merasakan sakit yang teramat sangat secara terus menerus, rasa panas, atau kesemutan yang dimulai di punggung bagian bawah dan menjalar ke bagian kaki, bisa jadi Anda merasakan linu panggul. Hal ini menandakan jika saraf siatik Anda sedang tertekan atau rusak, entah akibat jatuh atau lelah pada tulang belakang.

Baca Juga: RS Indriati Solo Baru Tangani Saraf Kejepit dengan PLDD

4. Kehilangan keseimbangan

Anda sering merasa hilang keseimbangan? Seperti tiba-tiba tersandung atau bahkan jatuh? Hal ini menandakan jika ada kerusakan saraf akibat kurangnya koordinasi. Namun, kemungkinan bisa jadi ini merupakan tanda-tanda Parkinson, yaitu kerusakan yang terjadi pada sel-sel saraf di bagian otak.

5. Sering buang air kecil

Kerusakan saraf bisa juga sebagai sinyal jika kandung kemih Anda sedang mengalami kerusakan. Akibatnya, Anda jadi sering buang air kecil. Terlebih jika Anda melahirkan anak secara normal atau memiliki diabetes, maka Anda lebih berisiko mengalami kerusakan saraf.

6. Sering sakit kepala

Jika Anda mengalami sakit kepala yang terjadi secara berulang dan dalam waktu yang tidak sebentar, kemungkinan Anda terkena occipital neuralgia yaitu suatu kondisi yang bisa terjadi karena saraf di leher Anda terjepit. Segera periksa ke dokter untuk memastikan kondisi saraf di bagian otak.

Baca Juga: Ini Gejala Saraf Kejepit Seperti Dialami Raffi Ahmad

7. Keringat berlebih

Jika Anda mengeluarkan keringat berlebih atau terlalu sedikit mengeluarkan keringat tanpa ada jelasan yang jelas, bisa jadi ini adalah sinyal informasi kalau saraf yang membawa informasi dari otak ke kelenjar keringat sedang terganggu.

8. Respons otak melambat

Saraf sensorik seharusnya memberi tahu otak Anda jika ada hal-hal yang berbahaya dan mengancam. Namun dalam hal ini, saraf sensorik justru tidak berfungsi sebagaimana semestinya. Misalnya Anda mengalami luka bakar, sayatan, atau trauma karena tidak menyadari jika sudah menyentuh sesuatu yang panas, tajam, atau hal yang tidak membuat Anda nyaman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya