SOLOPOS.COM - Ilustrasi. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Gejala awal kanker payudara seperti diidap komedian Nunung Srimulat memang berbeda pada setiap orang, bahkan ada yang tidak merasakan apa pun. Agar terhindar dari penyakit ini, simak ulasannya di info sehat kali ini.

Kanker payudara adalah tumor ganas yang tumbuh di dalam jaringan payudara. Kanker bisa mulai tumbuh di dalam kelenjar susu, saluran susu, jaringan lemak maupun jaringan ikat pada payudara. Di Indonesia, kanker payudara menjadi salah satu penyakit penyumbang kematian pertama yang disebabkan kanker serta jumlah pasiennya yang menempati urutan pertama terbanyak.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Pada tahun 2020, data dari Globocan yang dikutip dari Kementerian Kesehatan, mencatat jumlah kasus baru kanker payudara mencapai 68.858 kasus, atau sekitar 16,6% dari total 396.914 kasus baru kanker di Indonesia. Adapun jumlah kematiannya mencapai 22.000 lebih kasus.  Diketahui sekitar 70% pasien dideteksi sudah di tahap lanjut.

Sama seperti jenis kanker lainnya, kanker payudara juga seringkali tidak menimbulkan gejala awal. Umumnya, perubahan pada payudara akan terdeteksi ketika melakukan pemeriksaan payudara rutin, baik pemeriksaan payudara sendiri (SADARI), maupun pemeriksaan payudara klinis (SADANIS).

Berikut ini sejumlah gejala awal kanker payudara seperti dikutip dari mitrakeluarga.com pada Rabu (1/2/2023):

– Muncul sebuah benjolan yang terasa berbeda dari jaringan payudara di sekitarnya. Biasanya, memiliki pinggiran tidak teratur dan tidak menimbulkan nyeri.
– Jika didorong oleh jari tangan, benjolan bisa digerakkan dengan mudah di bawah kulit.
– Benjolan atau massa juga bisa muncul di ketiak, sekitar tulang selangka atau di bawah lengan.
– Perubahan ukuran atau bentuk payudara
– Keluar cairan yang abnormal dari puting susu. Cairan juga bisa mengandung darah, berwarna kuning sampai hijau, atau bisa juga bernanah)
– Warna atau tekstur kulit pada payudara, puting susu maupun daerah berwarna coklat tua di sekeliling puting susu (areola) mengalami perubahan.
– Payudara tampak kemerahan
– Kulit sekitar puting bersisik
– Puting susu terasa gatal atau tertarik ke dalam.
– Nyeri payudara atau pembengkakan salah satu payudara.

Kendati demikian, memiliki satu atau lebih dari gejala-gejala ini tidak selalu berarti kamu mengidap kanker ini.  Pasalnya, cairan dari puting juga bisa jadi dipicu oleh infeksi. Untuk itulah, menemui dokter supaya mendapatkan penanganan yang tepat merupakan langkah yang tepat.

Setelah mengetahui gejala awal, ketahui juga tanda saat kanker payudara yang sudah menyebar ke organ maka akan menimbulkan gejala tambahan, antara lain:

– Jika sudah menyebar ke paru-paru, gejala antara lain sesak napas, mengi, rasa tidak nyaman dan nyeri di paru-paru, serta batuk terus-menerus, berdarah dan berlendir.
– Jika sudah menyebar ke tulang, menimbulkan nyeri tulang yang persisten.
– Jika sudah menyebar ke hati, menimbulkan kulit menguning, gatal-gatal, dan pembengkakan perut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya