SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, JAKARTA — Masyarakat Kabupaten Purbalingga, Banjarnegara, dan Kebumen mungkin sempat berbangga dengan tiga wakil mereka di DPR yang menjadi tokoh politik di Jakarta.

Diawali dari politisi Partai Amanat Nasional (PAN) Taufik Kurniawan yang menjadi Wakil Ketua DPR pada 2014. Tahun lalu, politikus Partai Golkar Bambang Soesatyo ditunjuk untuk menduduki jabatan yang lebih tinggi yakni Ketua DPR. Tak kalah mentereng adalah politikus Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Muhammad Romahurmuziy yang memimpin partai politik berlambang Kakbah tersebut sejak Oktober 2014.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kendati muncul sengketa internal, Romahurmuziy alias Romi dinyatakan sah memimpin PPP. Celakanya, Taufik dan Romi kemudian terjerat dalam kasus dugaan suap. Keduanya dipastikan kehilangan posisi yang dipegang selama hampir lima tahun.

Sebelum kasusnya mencuat, Taufik telah didaftarkan PAN sebagai calon anggota legislatif (caleg) kembali di Daerah Pemilihan Umum Jawa Tengah VII yang mencakup Purbalingga, Banjarnegara, dan Kebumen. Setelah jadi tersangka, nama Taufik masih bercokol di daftar calon tetap mengingat kasusnya belum berkekuatan hukum tetap.

Kasus korupsi patut membuat PAN dan PPP waswas. Pasalnya, pada Pileg 2014 dua parpol tersebut meloloskan Taufik dan Romi dengan modal perolehan suara di peringkat enam dan tujuh. Keunggulan suara PAN dan PPP tak terlampau jauh dari Partai Keadilan Sejahtera dan Partai Demokrat yang nirkursi.

Jika kasus korupsi tersebut berefek negatif, upaya mempertahankan kursi berpotensi semakin berat. Minus Romi, enam nama petahana kembali dipasang di Dapil Jateng VII seperti Bambang Soesatyo alias Bamsoet. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) pun tetap mendaftarkan master catur Utut Adianto dengan didampingi mantan wakil gubernur Jateng Heru Sudjatmoko.

PETAHANA DAPIL JATENG VII 

Partai Politik 

Petahana 

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan 

Utut Adianto 

Partai Golkar 

Bambang Soesatyo 

Partai Gerindra 

Darori Wonodipuro 

Partai Kebangkitan Bangsa 

Taufiq R. Abdullah 

Partai Amanat Nasional 

Taufik Kurniawan 

Partai Nasdem 

Amelia Anggraini 

Partai Persatuan Pembangunan 

Muhammad Romahurmuziy 



 PEMILIH DAPIL JATENG VII 

Kabupaten/Kota 

DPT 

Purbalingga 

752.211 

Banjarnegara 

784.170 

Kebumen 

1.072.708 

Total 

2.609.089 

Sumber: DPR, KPU 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya