SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, JAKARTA — Kubu Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno berambisi mengail lebih banyak suara di Provinsi Jawa Tengah agar dapat memenangi Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2019.

Jika merujuk pada basis kekuatan partai politik pendukung, ada peluang di Kabupaten Wonogiri, Kabupaten Karanganyar, dan Kabupaten Sragen. Tiga kabupaten itu pada Pileg 2019 tergabung dalam Daerah Pemilihan Jawa Tengah (Dapil Jateng) IV.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Berdasarkan hasil pemilihan kursi legislatif pada Pemilu 2014, empat dari tujuh kursi DPR berhasil dikuasai oleh anggota Koalisi Indonesia Adil Makmur, yakni Partai Gerindra, Partai Keadilan Sejahtera, Partai Demokrat, dan Partai Amanat Nasional. Dua kursi digenggam oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan dan satu kursi jatah Partai Golkar.

Empat parpol pengusung Prabowo-Sandi mengoleksi 563.539 suara. Perolehan suara yang setara dengan 36,88% total suara sah tersebut memang masih kalah banyak dari koalisi parpol pengusung Joko Widodo-Ma’ruf Amin, tetapi cukup memadai apabila mampu dikonversi untuk suara Pilpres 2019.

Partai Gerindra pun terlihat serius menggarap Dapil Jateng IV. Partai yang diketuai oleh Prabowo itu memasang salah satu elitenya, Ferry Juliantono. Masuknya Ferry membuat petahana Rahayu Saraswati Djojohadikusumo hijrah ke Dapil DKI Jakarta III.

Menjelang Pemilihan Gubernur Jateng 2018, Ferry adalah salah satu kandidat kuat bakal calon gubernur sebelum Gerindra dan koalisinya menjatuhkan pilihan kepada bekas Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Sudirman Said.

Apabila Gerindra mempunyai tenaga baru, lain lagi dengan Demokrat, PAN, dan PKS yang mengandalkan petahana anggota DPR. Strategi serupa dipakai PDIP dan Partai Golkar yang masih percaya dengan kekuatan petahana untuk meraih kursi.

Sementara itu, Partai Berkarya besutan Hutomo Mandala Putra mengandalkan politikus senior yang pernah menjadi bupati Wonogiri, Begug Poernomosidi. Begug akan bersaing dengan sesama mantan bupati Wonogiri lainnya yang diusung PDI Perjuangan, yakni Danar Rahmanto.

PETAHANA DAPIL JATENG IV 

Partai Politik 

Petahana 

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan 

Bambang Wuryanto 

Agustina Wilujeng Pramestuti 

Partai Golkar 

Endang Maria Astuti 

Partai Gerindra 

Rahayu Saraswati Djojohadikusumo 

Partai Demokrat 

Rinto Subekti 

Partai Amanat Nasional 

Laila Istiana 

Partai Keadilan Sejahtera 

Martri Agoeng 



   PEMILIH DAPIL JATENG IV 

Kabupaten/Kota 

DPT 

Wonogiri 

869.824 

Sragen 

776.900 

Karanganyar 

695.027 

Total 

2.341.751 

  Sumber: DPR, KPU

 KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya