SOLOPOS.COM - Ilustrasi lupa. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Para ahli mengamati munculnya sebuah fenomena yang dikenal sebagai digital amnesia, kenali dampaknya pada daya ingat dan kesehatan otak. Simak ulasan selengkapnya di info sehat ini.

Fenomena ini muncul lantaran ada perubahan besar pada perilaku dan daya ingat kaum melek teknologi, terutama generasi milenial. Misalnya saja ketika kita lupa judul film, kita bisa langsung mencari di Internet.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Lalu apakah dampak digital amnesia ini terhadap daya ingat?  Fenomena ini terjadi saat masyarakat terlalu menggantungkan diri pada kecanggihan teknologi untuk mengingat berbagai macam informasi, mulai dari yang sepele seperti tanggal lahir pasangan hingga yang sangat penting dan sensitif seperti data pribadi.

Karena merasa bahwa semua informasi sudah tersimpan dalam perangkat elektronik atau internet, Anda pun sudah tak perlu lagi mengingatnya. Sewaktu-waktu informasi tersebut diperlukan, Anda tinggal “mengambilnya” lagi dari perangkat pintar Anda.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca Juga: Apa Itu Digital Amnesia? Ini Penjelasannya

Dikutip dari hellosehat.com pada Minggu (26/6/2022), sebuah studi yang dilakukan oleh Harvard dan University of Columbia menunjukkan bahwa kemudahan mengakses informasi melalui Internet kapan pun dan di mana pun, telah mengubah kemampuan mengingat anak-anak muda di Amerika Serikat.

Begini gambarannya: Anda mungkin lupa judul sebuah film yang pernah Anda tonton dulu. Ketika hendak bercerita pada seorang teman soal film tersebut, Anda tidak bisa mengingat judulnya tapi Anda ingat di situs mana Anda harus mencari judul filmnya. Para peneliti menyebut hal ini sebagai Google Effect.

Baca Juga: Ini Dia Makanan yang Bisa Membantu Memulihkan Daya Ingat

Pada intinya, digital amnesia membuat Anda bergantung pada Internet sebagai tempat pertama untuk mencari jawaban atas apa pun yang ingin Anda ketahui. Anda tak lagi berusaha mengingat-ingat suatu kejadian atau informasi dari memori otak Anda. Namun kebiasaan ini mengakibatkan penurunan kemampuan mengingat.

Dampak digital digital amnesia terhadap daya ingat membuat otak jadi kurang terlatih mengolah informasi mentah menjadi sebuah ingatan, baik jangka pendek maupun panjang. Padahal, proses tersebut sangat penting guna merangsang pembentukan ratusan hingga ribuan koneksi sel saraf baru dalam otak.

Baca Juga: Bantu Jaga Daya Ingat hingga Cegah Penyakit, Ini Sederet Manfaat Berkebun

Semakin jarang diasah, fungsi otak untuk memproses memori jangka panjang pun akan menurun. Memori jangka panjang sendiri sangat penting bagi perkembangan diri setiap orang.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya