SOLOPOS.COM - Ilustrasi. Kipas radiator mobil. (Gridoto.com)

Solopos.com, SOLO — Mesin mobil suhunya memang harus dijaga jangan sampai terlalu panas hingga overheat. Salah satu komponen yang menjaga suhu mesin adalah kipas radiator mobil.

Namun apabila sampai terjadi mesin tiba-tiba terlalu panas, ada baiknya cek kipas radiator apakah ada masalah atau tidak.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Salah satu penyebabnya bisa jadi kipas radiator mulai lemah. Jadi sebaiknya kenali ciri-ciri kipas radiator mobil yang mulai lemah, seperti dikutip dari Auto2000 berikut ini.

Kipas radiator seiring waktu mengalami perubahan. Kipas radiator versi lama langsung terhubung ke pulley mesin menggunakan V Belt.

Sedang saat ini, kipas radiator sudah digerakkan dengan motor listrik sehingga efisiensi tenaga mobil lebih bagus.

Baca juga: Biar Tidak Salah Paham, Ini Perbedaan Mobil Hybrid dan Listrik

Ciri-ciri kipas radiator mobil lemah anda bisa mengetahui mulai dari:

Mesin overheat

Overheat terjadi karena sistem pendinginan mesin tidak bekerja maksimal. Salah satu penyebab utamanya karena hembusan kipas radiator yang melemah.

Akibatnya proses pendinginan radiator menjadi lebih lama lagi. Padahal suhu mesin sudah seharusnya tidak terus meningkat walaupun sedang bekerja.

AC kurang dingin

AC berfungsi membuat suhu kabin menjadi lebih sejuk sehingga para penumpangnya merasa nyaman sepanjang perjalanan. Namun bagaimana jika AC kurang dingin?

Baca juga: Shock Breaker Depan Motor Keras, Segera Lakukan Ini

AC kurang dingin bisa disebabkan kipas radiator mobil yang mulai melemah. Kipas radiator berguna untuk mendinginkan kondensor AC. Kecepatan kipas radiator dapat memengaruhi suhu freon setelah didinginkan.

Mesin ngelitik

Mesin ngelitik adalah istilah untuk engine knocking, ini terjadi karena ada pre-ignition. Ketika pre-ignition ini terjadi, bisa disebabkan oleh suhu mesin yang terlalu tinggi akibat kipas radiator mobil lemah.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya