SOLOPOS.COM - Ilustrasi. Android TV (Android.com)

Solopos.com, SOLO — Perangkat elektronik seperti TV saat ini semakin maju dengan dukungan teknologi terkini sehingga ada Android TV dan Smart TV. Biar tidak bingung, ini beda Android dan Smart TV.

Keberadaan Smart TV mulai ramai dibicarakan ketika pemerintah melalui Kementerian Kominfo membuat kebijakan pengalihan siaran TV analog ke siaran TV digital.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Hanya saja di pasar elektronik, saat ini tidak hanya Smart TV yang bisa dijumpai namun juga ada Android TV. Hal ini tentu bisa membingungkan calon pembeli.

Agar tidak salah membeli, berikut beda Android dan Smart TV yang dikutip Solopos.com dari Hitekno.com dan Teknologi.net.

Memang jika melihat dari luar, Android TV dan Smart TV keduanya sangat mirip, bahkan dapat mengatakan bahwa TV android pada kenyataannya adalah jenis Smart TV.

Baca juga: Asus ROG Phone 6 Masuk Indonesia? Tunggu Saja Kehadirannya

Namun, ada beda Android dan Smart TV yang salah satu di antaranya memang menjadi pilihan untuk rumah Anda.

Smart TV

Smart TV tidak hanya bisa digunakan untuk menonton tayangan televisi pada umumnya. Akan tetapi, Smart TV memberi opsi tayangan yang lebih banyak.

Karena Smart TV biasa juga disebut dengan internet TV atau sebuah televisi yang bisa tersambung ke jaringan internet.

Melalui jaringan internet inilah kamu bisa mengakses berbagai tontonan lain seperti YouTube, NetFlix, iFlix dan sebagainya.

Beda Android dan Smart TV
Ilustrasi. Smart TV. (Samsung.com)

Baca juga: Ini Beberapa Cara Memperbaiki Keyboard Laptop

Setiap perangkat smart TV juga telah dibekali dengan sistem operasi bawaan yang berbeda-beda. Smart TV milik Samsung hadir dengan sistem operasi Tizen.

Sistem operasi inilah yang membedakan antara Smart TV dengan TV Android. Smart TV punya sistem operasi tersendiri, sehingga aplikasi yang bisa kamu download terbatas.

TV Android

Android TV memiliki sistem operasi Android sehingga kamu bisa mengakses PlayStore layaknya sebuah ponsel. Sehingga bisa download aplikasi yang kamu inginkan.

Selain itu pada remote Android TV sudah dilengkapi mikrofon sehingga dapat menggunakan Google Assistant. Tingga perintah melalui suara tanpa harus menekan tombol lainnya.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya