SOLOPOS.COM - Sistem informasi akuntansi mempunyai fungsi penting dalam sebuah organisasi. (ilustrasi/Freepik)

Solopos.com, SOLO — Semakin berkembangnya teknologi dalam dunia industri saat ini menyebabkan sebuah instansi dituntut untuk menggunakan teknologi sebagai penunjang utama dari pekerjaan instansi tersebut.

Sistem informasi akuntansi merupakan salah satu bidang teknologi informasi (TI) yang didukung dengan kemampuan dan penguasaan dalam bidang Akuntansi.

Promosi Sistem E-Katalog Terbaru LKPP Meluncur, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Pengertian sistem informasi akuntansi (SIA) itu sendiri adalah sebuah sistem informasi yang mempunyai metode dan prosedur untuk mengumpulkan mengklasifikasikan, mengoperasikan dan melaporkan informasi dalam sebuah bisnis.

Lebih singkatnya SIA merupakan sistem informasi akuntansi yang menangani semua tugas-tugas dari akuntansi.

Ekspedisi Mudik 2024

Sistem informasi akuntansi mempunyai fungsi penting dalam sebuah organisasi diantaranya adalah pertama untuk mengumpulkan dan menyimpan data tentang sebuah aktivitas dan juga transaksi, kedua memproses data menjadi sebuah informasi yang dapat digunakan dalam proses pengambilan keputusan dan yang ketiga untuk melakukan asset di perusahaan secara tepat.

Baca Juga: Kapolri Impikan Polisi Punya Kemampuan Auditor Keuangan

Pengertian Komputer Akuntansi

Komputerisasi akuntansi adalah sebuah sistem informasi akuntansi dimana komputer sebagai teknologi untuk menjalankan aplikasi yang digunakan dalam mengolah transaksi akuntansi dan sekaligus untuk menghasilkan laporan keuangan dalam sebuah perusahaan.

Manfaat Penggunaan Cloud Accounting (Sistem Informasi Akuntansi) untuk Perusahaan Dagang

Sudah tidak diragukan lagi bila penggunaan teknologi sistem informasi pada pengelolaan keuangan cukup bermanfaat bagi perkembangan bisnis, termasuk cloud accounting. Apalagi digunakan untuk perusahaan dagang yang memiliki transaksi bisnis cukup banyak.

Oleh sebab itu, penting bagi industri dagang menggunakan sistem informasi akuntansi berbasis cloud agar manajemen keuangan bisa dikontrol dengan baik.

Baca Juga: Aplikasi Akuntansi, Solusi Pembukuan Makin Mudah dan Tepat

1.Jenis Transaksi pada Perusahaan Dagang

Berdasarkan karakteristiknya, perusahaan dagang identik dengan kegiatan jual beli sebagai pemasukan utamanya. Transaksi yang harus dijalankan oleh industri dagang pun cukup banyak.

Ada transaksi pembelian bahan mentah pada supplier dan transaksi pengembalian barang yang dibeli dari supplier lantaran terdapat kerusakan/cacat produk atau biasa disebut sebagai retur pembelian.

Transaksi yang tak kalah penting ialah penjualan barang dagangan kepada konsumen yang notabene merupakan kegiatan utama dari industri dagang.

Sama halnya dengan retur pembelian, perusahaan dagang juga punya transaksi bernama retur penjualan yang memungkinkan konsumen untuk mengembalikan produk yang sudah dibeli karena ada cacat.

Selebihnya, industri dagang juga berkaitan erat dengan persediaan stok dagangan, pembayaran utang dan piutang, serta pembayaran pajak pada pemerintah.

2. Kesulitan dalam Mengelola Laporan Keuangan

Dengan transaksi bisnis yang begitu banyak, maka diperlukan sistem informasi akuntansi yang mampu mengelola seluruh aktivitas tersebut hingga menjadi sebuah catatan keuangan yang baik. Pun mampu menjadi dasar untuk menganalisis kondisi keuangan serta pengambilan keputusan.

Untuk menghasilkan output yang diharapkan, ada sejumlah proses yang harus dilalui, seperti mengumpulkan data transaksi, membuat jurnal transaksi kemudian memindahkan jurnal tersebut ke buku besar, membuat neraca percobaan, sampai akhirnya menyusun laporan keuangan.

Dari siklus akuntansi yang telah disebutkan, tentu cukup rumit apabila harus dilakukan secara manual. Terlebih, sistem akuntansi yang bersifat konvensional memiliki risiko kehilangan/kerusakan data, serta kesalahan perhitungan akibat gagal mengelompokkan neraca keuangan atau kesalahan mengklasifikasi laporan arus kas.

Baca Juga: Profesi Akuntansi Mendukung Pencapaian Target Net-Zero Emissions

3. Cloud Accounting sebagai Solusi Mengelola Catatan Keuangan dengan Mudah

Untuk meminimalisasi risiko yang telah disebutkan pada poin kedua, maka ada baiknya jika Anda menggunakan sistem informasi akuntansi berbasis cloud seperti Jurnal agar pengelolaan catatan keuangan dapat dilakukan dengan mudah. Sebagian besar software cloud accounting yang beredar di pasaran hadir dengan akses tak terbatas dan mudah diintegrasikan dengan gadget yang Anda punya.

Berbeda dengan sistem akuntansi konvensional yang memerlukan backup data sesekali, Anda pun tak perlu melakukannya pada software cloud accounting karena sistem tersebut akan melakukan backup secara otomatis.

Mengingat transaksi perusahaan dagang begitu banyak hingga membutuhkan banyak waktu apabila dilakukan secara manual, dengan software cloud accounting Anda tinggal memasukkan data yang dibutuhkan dan jadilah laporan keuangan. Mudah, kan?

Baca Juga: Prodi Magister Akuntansi UKSW Raih Akreditasi Unggul, Top!

Aplikasi Komputer Akuntansi

Banyak jenis-jenis aplikasi akuntansi yang biasa digunakan perusahaan. Disini saya akan menyebutkan beberapa aplikasi program/software akuntansi



? JURNAL by MEKARI
? ACCURATE V3 Standard
? K-Sistem Indonesia
? SAGE ACCPAC ERP
? Jurnal
? Microsoft Office Excel
? DacEasy Accounting (DEA)
? Payroll
? Simply acconting
? Peachtree
? Zahir Accounting
? Cash Register
? NetLedger
? LedgerPlus

Baca Juga: Hari Guru, Udinus Semarang Kukuhkan Guru Besar Ilmu Akuntansi

Dari banyaknya aplikasi diatas Jurnal merupakan salah satu software yang umum dan cukup populer digunakan di Indonesia. Software ini juga biasanya digunakan oleh sekolah untuk mengajar pelajaran sistem informasi akuntansi (SIA).
Ada beberapa hal yang menjadikan lembaga pendidikan mengunakan Jurnal

? User Friendly (mudah digunakan)
? Tingkat keamanan (security) yang cukup valid untuk setiap user
? Kemampuan explorasi, semua laporan ke program Excel tanpa melalui proses eksport/impor file, yang merepotkan.
? Kemampuan trash back ke source document dan source transaksi
? Dapat diaplikasikan untuk 105 jenis perusahaan yang telah direkomendasi
? Menampilkan laporan keuangan komparasi serta analisa laporan keuangan dalam bentuk grafik.
? Sudah teruji di beberapa Negara maju dan berkembang lainnya.

Itulah penjelasan singkat mengenai manfaat cloud accounting untuk perusahaan dagang. Berdasarkan penjelasan pada poin ketiga, Anda bisa menggunakan software akuntansi seperti Jurnal untuk mengelola keuangan lebih baik. Mengapa Jurnal?

Baca Juga: Tips Bisnis: Membangun Usaha Jangan Sekadar Ikut-Ikutan Tren

Jurnal merupakan aplikasi akuntansi online yang memiliki berbagai fitur layanan yang cukup lengkap seperti perhitungan pajak otomatis, perhitungan keuangan, pengelolaan aset, audit terhadap data serta berbagai fitur lengkap lain yang dibutuhkan untuk sebuah software akuntansi yang baik.

Jurnal juga sangat cocok untuk berbagai skala perusahaan mulai dari kecil, menengah hingga besar karena memberi penawaran harga yang cukup bervariasi dan menarik. Penawaran ini akan membantu Anda untuk memilih software yang sesuai dengan tingkatan kebutuhan perusahaan Anda.

Anda juga tidak perlu khawatir mengenai keamanan data perusahaan Anda. Karena Jurnal telah menggunakan sistem berbasis Cloud yang mempermudah Anda dalam mengelola keuangan bisnis kapan dan di mana saja.

Jurnal juga telah tersertifikasi ISO 27001 yang menjamin data Anda tersimpan dengan aman. Bagi Anda juga pemilik toko online manfaatkan aplikasi akuntansi untuk membantu Anda dalam mengelola toko online Anda. Jadi tunggu apalagi? Daftarkan perusahaan Anda sekarang juga di aplikasi akuntansi Jurnal dan dapatkan free trial selama 14 hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya