[ X ] CLOSE

Kenaikan Jenjang, 12 Anggota Specta UIN Surakarta Jelajahi Sumatra

Tim ekspedisi yang berjumlah 12 anggota menempuh perjalanan sekitar 13 hari dengan jarak tempuh ±1000 km dari UIN Raden Mas Said Surakarta menggunakan bus.
Kenaikan Jenjang, 12 Anggota Specta UIN Surakarta Jelajahi Sumatra
SOLOPOS.COM - Dua anggota Mapala Specta UIN RM Said Surakarta mengibarkan bendera di gunung hutan Masurai Sumatra, 11 Oktober 2021. (Istimewa/Specta)

Solopos.com, MERANGIN — Sebanyak 12 anggota Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) Specta Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Mas Said Surakarta melakukan ekpedisi ke Tanah Sumatra, 29 September-11 Oktober 2021 lalu.

Ke-12 pecinta alam yang melakukan ekspedisi sebagai syarat kenaikan jenjang sebagai anggota penuh Specta itu menempuh perjalanan darat 13 hari sejauh 1.000 km.

Pemberangkatan dilakukan pada 28 September 2021 di depan wall Mapala SPECTA dipimpin Ketua Umum Mapala Specta, Bilal Syaifullah.

“Ekspedisi ini sebagai proses kenaikan jenjang menjadi anggota penuh Specta. Ekspedisi Andalas dilakukan di Provinsi Jambi dan Sumatra Barat,” ujar Bilal seperti dikutip dari rilisnya, Selasa (19/10/2021) malam.

Baca Juga: Merdekaaa!! Mahasiswa UIN Surakarta Kibarkan Merah Putih di Puncak Tertinggi Turki 

Ketua pelaksana ekspedisi Andalas Dyon Widodo menyatakan untuk sampai ke tujuan, tim ekspedisi yang berjumlah 12 anggota harus menempuh perjalanan sekitar 13 hari dengan jarak tempuh ±1000 km dari UIN Raden Mas Said Surakarta menggunakan transportasi darat (bus).

Ekspedisi dibagi menjadi 4 tim yakni tim yang mendaki gunung hutan di Gunung Masurai dengan ketinggian 2.980 MDPL; tim yang menyusuri Gua Dalam Sarjan, Gua Kadundung, Gua Air Lului di kawasan Bukit Bulan; tim arung jeram yang mengarungi Sungai Batang Asai sejauh 30 km, serta tim panjat tebingdi Lembah Harau dengan pengibaran bendera merah putih raksasa.

“Selain kegiatan petualangan, tim kami juga melaksanakan pengabdian masyarakat di Desa Badeng Rejo, Kecamatan Bangko Barat, Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi. Ada beberapa kegiatan dalam pengabdian ini antara lain membuat taman baca, pembagian masker dan handsanitizer serta alat tulis serta Alquran untuk menunjang kebutuhan dalam bidang pendidikan dan kesehatan,” ujar Dyon.



Berita Terkait
    Promo & Events
    Ekspedisi Ekonomi Digital 2021
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago