[ X ] CLOSE

KENAIKAN HARGA BBM : Tjahjo Kumolo Tuding Aparat Tak Siap

KENAIKAN HARGA BBM : Tjahjo Kumolo Tuding Aparat Tak Siap
SOLOPOS.COM - Mendagri Tjahjo Kumolo (JIBI/Solopos/Antara)

Tjahjo Kumolo, Fraksi PDIP DPR. (JIBI/SOLOPOS/Antara)

JAKARTA — Anggota Komisi I DPR Tjahjo Kumolo menilai tindak kekerasan terhadap demonstran yang dilakukan aparat keamanan menunjukkan ketidaksiapan aparat menghadapi dan mengamankan demonstrasi. “Tindak kekerasan aparat terhadap demonstran dan wartawan yang terjadi di Jambi dalam unjuk rasa menolak kenaikan harga BBM menunjukkan ketidaksiapan aparat dalam menghadapi situasi,” kata Tjahjo di Jakarta, Senin (17/6/2013).

Menurut dia, tindak kekerasan terhadap demonstran dan wartawan seharusnya tidak perlu terjadi apabila aparat kepolisian di lapangan dan aparat pendukung intelijen negara menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik. Hal itu, kata dia, sesuai dengan UU No. 17/2011 tentang Intelijen Negara yang menyatakan intelijen berperan melakukan upaya, kegiatan, dan tindakan untuk mendeteksi dini dan peringatan dini dalam rangka pencegahan, penangkalan, dan penanggulangan gangguan keamanan.

“Artinya, jika intelijen berfungsi dengan baik, kekerasan oleh aparat keamanan yang ditugaskan mengamankan jalannya demonstrasi itu tidak akan terjadi karena kondisi lapangan sudah diprediksi sebelumnya,” ujarnya.

Lagi pula, sambungnya, aparat kepolisian tidak mempunyai hak untuk memukul warga negara yang sedang dalam posisi menyampaikan aspirasinya. “Seharusnya aparat menghargai adanya perbedaan sikap dan pendapat terkait kenaikan harga BBM bersubsidi. Selain itu, aparat kepolisian memang seharusnya mengayomi masyarakat dalam keadaan apapun. Kekerasan ini harusnya dapat dicegah,” tandas Tjahjo.

 

 



Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago