SOLOPOS.COM - Sejumlah mahasiswa Universitas Nasional (Unas) berunjuk rasa di depan kampus mereka, Pejaten, Jakarta Selatan, Jumat (21/6/2013) malam. Aksi yang diwarnai bakar ban itu menuntut agar pemerintah membatalkan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM). (JIBI?SOLOPOS/Antara)

Sejumlah mahasiswa Universitas Nasional (Unas) berunjuk rasa di depan kampus mereka, Pejaten, Jakarta Selatan, Jumat (21/6/2013) malam. Aksi yang diwarnai bakar ban itu menuntut agar pemerintah membatalkan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM). (JIBI?SOLOPOS/Antara)

JAKARTA — Aksi unjuk rasa yang digelar massa untuk menolak kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) di Jl Diponegoro, tepatnya di depan Garden Cafe XXI, berakhir ricuh, Jumat (21/6/2013) malam. Jalur jalan itu selama bertahun-tahun menjadi saksi demonstrasi penting yang mengubah sejarah negara ini, di samping kawasan Senayan.
Sekitar 50 demonstran, dilaporkan wartawan laman berita deticom, melemparkan batu-batu dengan ketapel dan membakar pos polisi di lokasi tersebut. Sedangkan puluhan warga yang tadinya berada di sekitar lokasi dievakuasi ke bangunan-bangunan di sekitarnya.
Tak tampak polisi berjaga di dalam kerusuhan itu. Pengunjuk rasa juga menembakkan kembang api lontar ke arah jalanan. Suasana pun mencekam.
Jalanan telah kosong dari pengendara. Polisi telah mengalihkan kendaraan yang hendak melintas di Jl Diponegoro ke arah Salemba melalui jalur jalan lain sejak sekitar pukul 21.00 WIB. Pengalihan dilakukan di depan Bioskop Metropole.
Dari bagian lain Jakarta, wartawan laman berita merdeka.com, melaporkan bentrok antara mahasiswa Universitas Jayabaya dengan polisi di seputaran kampus mereka, kawasan Pulomas, Jakarta Timur. Demonstrasi penolak kenaikan harga BBM itu mulai ricuh kala demonstran berusaha memblokade jalan depan kampus mereka.
Semangat para demonstran melakukan unjuk rasa terpampang jelas pada spanduk yang mereka rentangkan, “Tolak BBM Naik, Turunkan SBY”. ”Pendemo didorong ke dalam kampus. Situasi masih kondusif,” klaim Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Rikwanto, dalam pesan singkatnya kepada wartawan, Jumat (21/6).
Berdasarkan pantauan wartawan, di lokasi itu, penuh batu, pecahan kaca dan juga selongsong bekas gas air mata.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya