SOLOPOS.COM - Ilustrasi Covid-19. (freepik)

Solopos.com, JAKARTA -- Program imunisasi Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) bagi anak di Indonesia terkena dampak signifikan akibat pandemi Covid-19.

Direktur Surveilans dan Karantina Kesehatan Kemenkes drg. R. Vensya Sitohang dalam konferensi pers bersama Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 di Graha BNPB, Jakarta, Senin (8/6/2020), mengatakan akibat pandemi Covid-19, hampir 83,9 persen pelayanan kesehatan, terutama imunisasi, terkena dampak.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

"Artinya pelayanan imunisasi itu tidak dilaksanakan lagi. Kita tahu seperti apa dampaknya kalau pelayanan imunisasi ini tidak dilakukan," katanya.

Tes PCR Covid-19 Bakal Diperbanyak Jadi 30.000 Per Hari

Ekspedisi Mudik 2024

Dia menyebut dampak pandemi Covid-19 terhadap pelayanan di Posyandu maupun di Puskesmas tersebut terjadi hampir di seluruh provinsi dan kabupaten.

Dampak pandemi Covid-19 tersebut, katanya, menimbulkan perubahan cukup signifikan dan serius.

Tagihan Listrik Naik, Ini Loh Penyebabnya

Karena jika dibandingkan dengan periode April pada tahun sebelumnya atau pada April 2019, maka tren imunisasi dasar lengkap telah mengalami penurunan.

"Kalau dari Januari dan Februari sebenarnya masih belum terdampak di dalam laporan. Tapi di April sudah cukup signifikan penurunannya, hampir 4,7 persen, selisih daripada cakupan yang ada di imunisasi lengkap pada 2019 dan 2020," tambah dia.

Mencapai Target

Vensya menambahkan jika didasarkan pada cakupan imunisasi nasional, maka cakupan tersebut pada dasarnya telah mencapai target.

Penjualan Rokok Diprediksi Anjlok karena Wabah Covid-19

Namun, tambah dia, data tersebut perlu dirinci lebih lanjut di tingkat provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, kelurahan hingga tingkat RT untuk melihat daerah mana yang anak-anaknya belum mendapatkan imunisasi.

"Ini strategi yang memang harus dilaksanakan, yang mana setiap Puskesmas itu mengetahui anak by name by address dan jenis imunisasi yang harus dia dapatkan, sehingga diketahui juga hak imunisasi mana yang belum didapatkannya," kata dia.



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng

Berawan Tebal lalu Hujan, Cek Prakiraan Cuaca Boyolali Jumat 19 April

Berawan Tebal lalu Hujan, Cek Prakiraan Cuaca Boyolali Jumat 19 April
author
Suharsih , 
Suharsih Jumat, 19 April 2024 - 05:15 WIB
share
SOLOPOS.COM - Cuaca berawan tebal di lereng Merapi wilayah Selo, Boyolali, Jumat (17/3/2023). (Solopos/Ni'matul Faizah)

Solopos.com, BOYOLALI Cuaca di wilayah Boyolali bakal berubah-ubah dari berawan, cerah berawan, berawan tebal, dan hujan pada hari ini, Jumat (19/4/2024), menurut prakiraan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG.

Sementara itu suhu udara relatif panas dengan suhu terendah menurut laman resmi BMKG yakni 25 derajat Celsius pada pagi menjelang Subuh sedangkan suhu tertinggi mencapai 32 derajat Celsius pada pagi hingga siang hari.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Arah angin terpantau dari tenggara dan timur sepanjang hari dengan kecepatan 10-20 km/jam. Prakiraan cuaca BMKG dilaporkan setiap hari melalui laman resminya dengan pembaruan per tiga jam dimulai pada pukul 01.00 WIB.

Prakiraan cuaca Boyolali berawan pada dini hari itu dengan suhu udara 27 derajat Celsius. Tingkat kelembapan udara sangat tinggi mencapai 90% dan angin terpantau dari arah tenggara dengan kecepatan 10 km/jam.

Koran Solopos

Menjelang Subuh pukul 04.00 WIB, cuaca tetap berawan dengan suhu udara turun jadi 25 derajat Celsius sementara tingkat kelembapan udara bertambah jadi 95%. Angin masih dari tenggara dengan kecepatan 10 km/jam.

Cuaca berubah cerah berawan pada pukul 07.00 WIB. Suhu udara naik jadi 28 derajat Celsius sementara tingkat kelembapan udara turun jadi 80%. Angin belum berubah arah dari tenggara dengan kecepatan 10 km/jam.

Langit berubah jadi mendung tebal menjelang siang pukul 10.00 WIB. Suhu udara naik jadi 30 derajat Celsius dan tingkat kelembapan udara turun ke angka 75%. Angin berubah arah dari timur dengan kecepatan 20 km/jam.

Emagazine Solopos

Boyolali diguyur hujan ringan pada prakiraan cuaca siang hari pukul 13.00 WIB. Suhu udara naik ke titik tertinggi yakni 32 derajat Celsius sementara tingkat kelembapan udara turun jadi 60%. Angin dari timur dengan kecepatan 20 km/jam.

Hujan sudah reda dan cuaca kembali berawan pada sore hari pukul 16.00 WIB. Suhu udara turun jadi 30 derajat Celsius dan tingkat kelembapan udara naik jadi 75%. Angin masih dari timur dengan kecepatan 20 km/jam.

Bergeser ke malam hari pukul 19.00 WIB, cuaca lanjut berawan dengan suhu udara turun jadi 29 derajat Celsius sementara tingkat kelembapan udara naik jadi 80%. Angin kembali dari tenggara dengan kecepatan 10 km/jam.

Interaktif Solopos

Terakhir pada pukul 22.00 WIB, cuaca bertahan mendung dengan suhu udara turun jadi 28 derajat Celsius dan tingkat kelembapan udara bertahan di angka 85%. Angin terpantau dari tenggara dengan kecepatan 10 km/jam.



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

Cerah Berawan dan Gerimis di Klaten, Cek Prakiraan Cuaca Jumat 19 April

Cerah Berawan dan Gerimis di Klaten, Cek Prakiraan Cuaca Jumat 19 April
author
Suharsih , 
Suharsih Jumat, 19 April 2024 - 05:10 WIB
share
SOLOPOS.COM - Cuaca cerah berawan di kompleks Candi Prambanan, Klaten. (Solopos/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN — Prakiraan cuaca Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG menyebut wilayah Klaten bakal cerah berawan pada pagi hingga menjelang siang hari ini, Jumat (19/4/2024). Selain itu, hujan juga turun dengan intensitas ringan pada siang hari.

Suhu udara relatif panas dengan suhu udara terendah 26 derajat Celsius pada pagi menjelang Subuh dan suhu tertinggi menurut laman resmi BMKG mencapai 32 derajat Celsius pada siang hari.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Angin terpantau dari timur dan tenggara dengan kecepatan 10-20 km/jam. BMKG menyampaikan informasi prakiraan cuaca melalui laman resminya setiap hari dengan pembaruan per tiga jam dimulai pada pukul 01.00 WIB.

Prakiraan cuaca Klaten berawan pada dini hari itu dengan suhu udara 27 derajat Celsius. Tingkat kelembapan udara sangat tinggi mencapai 90% sementara angin terpantau dari arah tenggara dengan kecepatan 10 km/jam.

Koran Solopos

Cuaca tetap berawan pada pukul 04.00 WIB. Suhu udara turun jadi 26 derajat Celsius sementara udara bertambah lembap dengan tingkat kelembapan naik jadi 95%. Angin masih dari arah tenggara dengan kecepatan 10 km/jam.

Pada pagi hari pukul 07.00 WIB, cuaca berubah cerah berawan. Suhu udara naik ke angka 29 derajat Celsius sementara tingkat kelembapan udara turun jadi 80%. Angin belum berubah arah dari tenggara dengan kecepatan 10 km/jam.

Langit masih cerah berawan menjelang siang pukul 10.00 WIB. Suhu udara naik lagi jadi 30 derajat Celsius dan tingkat kelembapan udara turun ke angka 70%. Angin berubah arah dari timur dengan kecepatan 20 km/jam.

Emagazine Solopos

Hujan ringan mengguyur Klaten menurut prakiraan cuaca siang hari pukul 13.00 WIB. Suhu udara naik ke titik tertinggi yakni 32 derajat Celsius sementara tingkat kelembapan udara turun jadi 65%. Angin juga dari  timur dengan kecepatan 20 km/jam.

Bergeser ke sore hari pukul 16.00 WIB, hujan sudah reda dan cuaca kembali berawan. Suhu udara turun ke angka 30 derajat Celsius dan tingkat kelembapan udara naik jadi 70%. Angin dari arah timur dengan kecepatan 20 km/jam.

Malam hari pukul 19.00 WIB, cuaca tetap berawan dengan suhu udara turun jadi 29 derajat Celsius sementara tingkat kelembapan udara naik jadi 80%. Angin kembali dari tenggara dengan kecepatan 10 km/jam.

Interaktif Solopos

Terakhir pukul 22.00 WIB, cuaca masih berawan dengan suhu udara turun jadi 28 derajat Celsius dan tingkat kelembapan udara naik ke angka 85%. Angin dari tenggara dengan kecepatan 10 km/jam.



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.

Wonogiri Cerah Berawan Pagi-Siang Ini, Simak Prakiraan Cuaca Jumat 19 April

Wonogiri Cerah Berawan Pagi-Siang Ini, Simak Prakiraan Cuaca Jumat 19 April
author
Suharsih , 
Suharsih Jumat, 19 April 2024 - 05:00 WIB
share
SOLOPOS.COM - Cuaca cerah di Desa Conto, Bulukerto, Wonogiri. (Istimewa)

Solopos.com, WONOGIRI — Prakiraan cuaca wilayah Wonogiri cukup bersahabat pada hari ini, Jumat (19/4/2024). Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG menginformasikan langit bakal cerah berawan pada pagi hingga menjelang siang.

Hujan juga turun namun hanya gerimis. Sedangkan suhu udara relatif panas dengan posisi terendah 26 derajat Celsius pada pagi menjelang Subuh, sedangkan suhu tertinggi menurut informasi di laman resmi BMKG mencapai 32 derajat Celsius pada siang hari.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pergerakan angin terpantau dari timur dan tenggara sepanjang hari dengan kecepatan 10-20 km/jam. Laporan prakiraan cuaca BMKG disampaikan melalui laman resminya setiap hari dengan pembaruan setiap tiga jam diawali pada pukul 01.00 WIB.

Prakiraan cuaca Wonogiri berawan pada dini hari itu dengan suhu udara 27 derajat Celsius. Tingkat kelembapan udara sangat tinggi mencapai 90% dan angin terpantau dari arah tenggara dengan kecepatan 10 km/jam.

Koran Solopos

Berlanjut ke pagi menjelang Subuh pukul 04.00 WIB, cuaca juga berawan dengan suhu udara turun jadi 26 derajat Celsius sementara tingkat kelembapan udara bertambah tinggi jadi 95%. Angin masih dari tenggara dengan kecepatan 10 km/jam.

Pada pagi hari pukul 07.00 WIB, cuaca berubah cerah berawan. Suhu udara naik ke angka 29 derajat Celsius dan tingkat kelembapan udara turun jadi 80%. Angin belum berubah arah dari tenggara dengan kecepatan 10 km/jam.

Langit masih cerah berawan menjelang siang pukul 10.00 WIB. Suhu udara naik ke angka 30 derajat Celsius sementara tingkat kelembapan udara turun jadi 70%. Angin berubah arah dari timur dengan kecepatan 20 km/jam.

Emagazine Solopos

Wonogiri diguyur hujan ringan menurut prakiraan cuaca siang hari pukul 13.00 WIB. Suhu udara naik ke angka tertinggi yakni 32 derajat Celsius sedangkan tingkat kelembapan udara turun jadi 65%. Angin lanjut dari arah timur dengan kecepatan 20 km/jam.

Hujan sudah reda dan cuaca kembali berawan pada sore hari pukul 16.00 WIB. Suhu udara turun jadi 30 derajat Celsius dan tingkat kelembapan udara kembali naik ke angka 70%. Angin dari timur dengan kecepatan 20 km/jam.

Cuaca masih mendung pada malam hari pukul 19.00 WIB. Suhu udara turun jadi 29 derajat Celsius sementara tingkat kelembapan udara naik jadi 80%. Angin kembali dari arah tenggara dengan kecepatan 10 km/jam.

Interaktif Solopos

Terakhir pada pukul 22.00 WIB, cuaca lanjut berawan dengan suhu udara turun jadi 28 derajat Celsius dan tingkat kelembapan udara naik sedikit jadi 85%. Angin dari arah tenggara dengan kecepatan 10 km/jam.



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Memuat Berita lainnya ....
Solopos Stories