SOLOPOS.COM - Ilustrasi Persentase & Zona Kemiskinan. (JIBI/Solopos)

Kemiskinan Jateng diatas lewat beberapa program.

Solopos.com, KLATEN – Kabupaten Klaten dinyatakan sebagai daerah yang memiliki jumlah desa miskin terbanyak di Jateng. Guna mengentaskan kemiskinan di Klaten, tim penanggulangan kemiskinan Provinsi Jateng menjadikan Desa Candirejo Kecamatan Ngawen sebagai pilot project percepatan pengentasan kemiskinan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Hasil pendataan itu menjadi acuan tim penanggulangan kemiskinan Jateng guna menentukan formula percepatan pengentasan kemiskinan di Candirejo. Tim percepatan penanggulangan Jateng terdiri dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Jateng, Ketahanan Pangan Jateng, Dinas Kesehatan (Dinkes) Jateng, Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Jateng, dan Bappeda Klaten.
“Kami memilih 15 desa di 15 kabupaten di Jateng sebagai pilot project percepatan penanggulangan kemiskinan. Desa Candirejo ini menjadi sasaran awal kami [peringkat pertama desa termiskin di Klaten]. Sesuai perintah pak gubernur, percepatan penanggulangan kemiskinan ini harus tepat sasaran. Makanya, kami perlu mendata secara detail tentang potensi desa. Total anggaran yang tersedia guna mendukung percepatan penanggulangan kemiskinan ini senilai Rp1 triliun,” kata Kasubdit Bappeda Jateng, Gunawan Sidharsono, saat ditemui wartawan di Candirejo Kecamatan Ngawen, Klaten, Jumat (4/3/2016).

Berikut Daftar Jumlah Desa Di 15 Kabupaten/Kota yang Tergolong Miskin Di Jateng
1. Wonosobo 37 Desa
2. Kebumen 62 Desa
3. Rembang 40 Desa
4. Brebes 37 Desa
5. Purbalingga 46 Desa
6. Pemalang 32 Desa
7. Banjarnegara 57 Desa
8. Banyumas 60 Desa
9. Sragen 47 Desa
10. Demak 36 Desa
11. Klaten 72 Desa
12. Purworejo 54 Desa
13. Cilacap 51 Desa
14. Grobogan 49 Desa
15. Blora 34 Desa
Jumlah 714 Desa
Sumber: Diolah dari berbagai sumber

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya