SOLOPOS.COM - Ilustrasi pegawai negeri sipil (PNS). (JIBI/Harian Jogja/Dok.)

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memetakan kompetensi SDM demi unggul saat menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

Semarangpos.com, SEMARANG — Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berupaya meningkatkan kemampuan dengan memetakan kompetensi setiap pegawai untuk menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“BPSDM terus memaksimalkan pengembangan SDM Kementerian PUPR, salah satunya melalui pemetaan kompetensi dan potensi melalui assessment center, pengembangan pemantauan kinerja, pengembangan kompetensi, pengembangan jabatan fungsional, dan pengembangan bakat,” kata Kepala BPSDM Andreas Suhono melalui keterangan tertulis yang diterima Kantor Berita Antara di Semarang, Rabu (23/11/2016).

Demi meningkatkan kapasitas PNS Kementerian PUPR, juga diprogramkan pelatihan serta pendidikan. Kementerian PUPR telah bekerja sama dengan 14 perguruan tinggi mitra melalui program karyasiswa pendidikan kedinasan dan vokasi untuk PNS Kementerian PUPR dan Dinas PUPR.

“BPSDM sebagai engine keeper di Kementerian PUPR yang sejalan dengan tujuan organisasi perlu terus meningkatkan insan PUPR yang profesional dan berintegritas. Dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN, Aparatur Sipil Negara sebagai tulang punggung jalannya pemerintahan di Indonesia harus siap menghadapi persaingan dengan membangun birokrasi yang memiliki pelayanan publik yang professional dan berkualitas,” katanya.

Sementara itu, menanggapi hal tersebut, Menteri PUPR Basuki Hadi Muldjono mengatakan bahwa dalam rangka melaksanakan pembangunan infrastruktur yang handal, dibutuhkan sumber daya manusia yang profesional. “Sumber daya manusia yang profesional merupakan faktor utama dalam meningkatkan produktivitas bagi Kementerian PUPR yang memiliki fungsi menyelenggarakan pembangunan infrastruktur,” kata Basuki.

Terkait perkembangan SDM, BPSDM Kementerian PUPR pun mengakui menghadapi begitu banyak tantangan yang harus diselesaikan. Sejumlah tantangan itu, diantaranya keterbatasan jumlah SDM Teknis dan SDM yang kompeten. Kemudian hambatan potensi kuaIitas SDM yang belum semuanya terpetakan, kompetensi dan kinerja, hal tersebut menyebabkan pengembangan SDM belum mencapai tahap maksimal, serta perubahan pola pikir PNS dari zona nyaman menjadi zona kompetitif.

Demi mewujudkan itu, BPSDM Kementerian PUPR menggelar acara BPSDM Expo dan Pendidikan Kedinasan. Acara ini merupakan bentuk upaya BPSDM untuk menyampaikan informasi terkait program dan kegiatan yang telah, sedang, dan akan dilaksanakan dalam rangka peningkatan kapasitas SDM Kementerian PUPR. Tujuan dari acara ini adalah untuk mempublikasikan produk dan kegiatan yang dilakukan oleh BPSDM dalam rangka percepatan pembangunan infrastruktur dengan peningkatan kualitas SDM Kementerian PUPR.

Kegiatan ini berlangsung selama dua hari yakni, 23-24 November 2016 di Gedung Kementerian PUPR. Dengan adanya acara BPSDM Expo, pegawai di lingkungan Kementerian PUPR diharapkan bisa mengembangkan diri, merencanakan jenjang kariernya, serta memperoleh informasi mengenai beasiswa pendidikan kedinasan dan vokasi Kementerian PUPR.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya