SOLOPOS.COM - Ilustrasi ujian CPNS (JIBI/Solopos/Dok)

Kementerian Keuangan membuka lowongan sebanyak 2.880 kursi CPNS untuk mengisi 87 jabatan.

Solopos.com, SOLO — Kementerian Keuangan (Kemenkeu) memberikan kesempatan kepada warga negara Indonesia untuk mengisi lowongan di 87 jabatan, yang menyediakan 2.880 formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dikutip Solopos.com dari Setkab.go.id, Sekretaris Jenderal Kementerian Keuangan, Hadiyanto, selaku Ketua Panitia Rekrutmen CPNS Kemenkeu menyebutkan para pelamar yang diterima akan ditempatkan di unit-unit kerja Kemenkeu.

Unit kerja tersebut antara lain Sekretariat Jenderal; Direktorat Jenderal Pajak (DJP); Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC); Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan (DJPK); Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN); Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Resiko (DJPPR); Badan Kebijakan Fiskal (BKF); dan Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan (BPPK).

“Pendaftaran dilakukan secara online melalui laman http://ssc.bkn.go.id mulai 11 September hingga 25 September 2017,” kata Hadiyanto dalam pengumumannya Selasa (5/9/2017).

Menurut Hadiyanto, ada 87 jabatan yang menyediakan 2.880 formasi untuk rekrutmen CPNS Kementerian Keuangan 2017 ini. Selain untuk pelamar umum, formasi ini juga disediakan untuk lulusan terbaik (cumlaude), disabilitas, dan putra-putri Papua dan Papua Barat.

Adapun kualikasi pendidikan calon yang dibutuhkan mulai dari diploma tiga (DIII) hingga S1 dari berbagai macam bidang. Lulusan yang dibutuhkan berasal dari Manajemen Akuntasi, Teknik Informatika, Akuntansi, Perpajakan, Manajemen, Ilmu Komunikasi, Teknik Kimia, Farmasi, Statistik, Ilmu Hukum, Psikologi, Perpustakaan, Ekonomi, Bahasa Inggris, hingga Teknik Pertambangan.

Jabatan yang paling banyak menyediakan lowongan CPNS kali ini adalah Pengelola Data Pelayanan Perpajakan sebanyak 545 formasi CPNS. Setelah itu Pengolah Data Penagihan Pajak sebanyak 398 formasi, Pengolah Data Pemeriksaan Pajak 325 Formasi, dan Pengelola Teknologi Informasi sebanyak 315 formasi.

Ketua Pansel Rekrutmen CPNS Kementerian Keuangan 2017 Hadiyanto menjelaskan, bahwa lokasi pelaksanaan rekrutmen untuk semua jurusan akan dilakukan di 6 kota, yaitu Medan, Jakarta, Jogja, Balikpapan, Makassar, dan Jayapura.

“Pelamar dapat melihat pengumuman pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi pada 3 Oktober melalui portal Kementerian Keuangan www.kemenkeu.go.id atau http://rekrutmen.kemenkeu.go.id,” jelas Hadiyanto.

Ditegaskan Hadiyanto, bahwa pendaftaran dan seluruh proses seleksi penerimaan CPNS di Kementerian Keuangan ini tidak dipungut biaya. “Pengumuman setiap tahapan tes ditayangkan secara online dan dapat dilihat pada Kementerian Keuangan, yaitu www.kemenkeu.go.id atau http://rekrutmen.kemenkeu.go.id,” pungkas Hadiyanto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya