Kemenristek Bakal Dilikuidasi, Bambang Brodjonegoro Pamit
Solopos.com|news

Kemenristek Bakal Dilikuidasi, Bambang Brodjonegoro Pamit

Bambang Brodjonegoro sudah pamit untuk meninggalkan kursi Menristek. Kemenristek akan dilebur menjadi satu dengan Kemendikbud.

Solopos.com, JAKARTA -- Nomenklatur Kabinet Indonesia Maju akan kembali berubah. Usulan Presiden Joko Widodo untuk meleburkan Kemenristek ke Kemendikbud disetujui DPR. Menristek/Kepala BRIN, Bambang Brodjonegoro, telah berpamitan untuk meninggalkan kursi menteri.

Namun bukan hanya itu, ia juga kemungkinan akan mundur dari jabatan Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Menurut Bambang, BRIN ke depan akan jadi lembaga mandiri seperti Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

"Kunjungan daerah pertama saya sebagai Menristek itu adalah ke Unhas, kunjungan daerah maksudnya. Waktu itu saya membuka joint working group meeting Indonesia-Prancis dalam bidang penelitian didampingi Rektor. Dan hari ini mungkin akan kunjungan saya terakhir ke daerah sebagai Menristek," kata Bambang saat meresmikan Science Techno Park Universitas Hasanuddin (Unhas), Jumat (9/4/2021).

Baca Juga: Revitalisasi Taman Balekambang Solo Ternyata Proyek Titipan Jokowi

"Artinya kan Kemenristeknya digabung ke Kemendikbud, kemudian BRIN menjadi badan tersendiri," kata Bambang kepada awak media setelah meresmikan Science Techno Park Universitas Hasanuddin, Jumat (9/4/2021).

"Kemenristek ya nggak ada, bergabung ke Dikbud. (BRIN) akan menjadi lembaga seperti BKPM, BNPB," sambungnya.

Ia mengatakan, sesuai dengan rapat paripurna DPR RI, maka tak ada lagi Kemenristek. "Karena sesuai dengan hasil sidang paripurna DPR tadi, Kemenristek akan dilebur ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan [Kemendikbud]. Jadi artinya tak ada lagi Kemenristek dan tak ada lagi kunjungan daerah dari Menristek ke mana pun," tutur Bambang.

Bambang yang saat ini juga menjabat sebagai Kepala BRIN dikabarkan akan mengundurkan diri dari posisinya itu. Hal itu diungkapkan oleh seorang sumber yang dipercaya. "Kayanya beliau [Bambang] mengundurkan diri. (Sedangkan) Kementerian Ristek jadi BRIN saja," kata sumber tersebut kepada detik.com, Sabtu (10/4/2021).

Baca Juga: Puan-Gibran-AHY Berpotensi Salip Anies-Ganjar-Ridwan Kamil di Pilpres 2024, Ini Alasannya

Tak ada keterangan lebih lanjut mengenai masa depan Bambang di Kabinet Indonesia Maju. Menurut sumber, hal itu menjadi kewenangan Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung untuk mengumumkan. "Kewenangannya Pak Seskab," jelas sumber tersebut.



Berita Terkait
Indeks Berita
Promo & Events
Terpopuler

Espos Premium
Berita Terkini
Indeks

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago