SOLOPOS.COM - Layanan Angkut Motor Gratis PT KAI dan Kemenhub. (Septian Ade Mahendra/JIBI/Solopos)

Solopos.com, JAKARTA – Antisipasi mudik dengan sepeda motor, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berencana menyiapkan kereta api untuk mengangkut 5.000 sepeda motor pemudik. Layanan itu akan diberikan secara gratis pada periode mudik Lebaran 2022.

Baca Juga: Sambut Pemudik, Pedagang Kuliner Kartasura Sukoharjo Mulai Tambah Stok

Promosi Sistem E-Katalog Terbaru LKPP Meluncur, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub, Zulfikri, mengatakan sedang mempersiapkan pengangkutan sepeda motor pemudik secara gratis tersebut karena banyak masyarakat yang berencana untuk melakukan perjalanan mudik dengan sepeda motor. Berdasarkan survei Kemenhub, ada sekitar 85,5 juta orang yang berencana untuk melakukan mudik tahun ini. Sebanyak 16,9 juta di antaranya memilih untuk menggunakan sepeda motor.

Baca Juga: Pekan Ini, Rekayasa Lalu Lintas Mudik Lebaran 2022 Diumumkan

“Ada arahan dari Pak Menko [PMK Muhadjir Effendy] dalam rangka membantu Dirjen Perhubungan Darat untuk mengatasi pemudik dengan sepeda motor, kami sekarang sedang menyiapkan kembali angkutan untuk motor mudik gratis dengan kereta api,” kata Zulfikri pada media briefing, Jumat (8/4/2022).

Namun, pihaknya belum memberikan informasi detail soal jumlah kereta api yang disiapkan untuk angkutan tersebut. Adapun, kapasitas angkut yang disediakan untuk tahun ini sebanyak 5.000 unit sepeda motor.

Baca Juga: Ini 4 Ruas Jalan di Klaten yang Sering Dilewati Para Pemudik

Dia mengatakan perencanaan yang cukup mendadak dan keterbatasan waktu membuat kapasitas pengangkutan sepeda motor turun dari level prapandemi, yang biasanya mencapai sekitar 19.000 unit. Dia mengatakan akan segera mengumumkan formulasinya dalam waktu dekat.

Disebutkan, lintas pengangkutan sepeda motor gratis dengan kereta api yang akan dilayani yakni fokus ke arah Jawa Tengah. Biasanya, angkutan untuk sepeda motor melayani tujuan dari Jakarta ke Purwokerto sampai dengan Yogyakarta-Solo, bahkan sampai ke Blitar, Jawa Timur.

Baca Juga: Mau Mudik Naik Kereta Api, Begini Cara Beli Tiket KA

“Kemungkinan akan kami potong, tujuan terbanyak itu kan ke Jawa Tengah, jadi kami mungkin tidak akan sampai ke Jawa Timur. Kalaupun ada mungkin hanya satu [perjalanan kereta api] saja yang ke Jawa Timur, tidak semua,” lanjut dia.

Baca Juga: Mudik Pakai Kereta Api dan Kisah Transformasi Si Ular Besi

Seperti biasa, nantinya tarif angkutan untuk sepeda motor akan diberlakukan gratis atau tanpa biaya. Namun, tarif penumpang pemilik sepeda motor tetap berbayar sesuai dengan yang disediakan. “Ini cukup diminati. Setiap tahun sebelumnya pada saat normal [prapandemi] cukup banyak masyarakat yang mengalihkan motornya menggunakan kereta api gratis,” jelasnya.

Berita ini sudah tayang di Bisnis.com dengan judul: Gratis! Kemenhub Angkut 5.000 Motor Pemudik Pakai Kereta Api

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya