SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

JAKARTA--Kementerian Perhubungan akan melakukan audit keselamatan terhadap beberapa perusahaan otobus (PO) untuk meminimalisasi terjadinya kecelakaan lalu lintas bus antar kota akhir-akhir ini.

“Intinya akan ada audit keselamatan pada beberapa PO, khususnya untuk angkutan antar kota antar provinsi, terutama di beberapa provinsi yang tingkat kecelakaannya tinggi,” kata Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono, di Jakarta, Selasa (21/2/2012).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menurut Bambang, arahan untuk melakukan audit tersebut diberikan langsung oleh Menteri Perhubungan dan akan dilakukan di provinsi yang mengalami kecelakaan lalu lintas terbanyak seperti Jawa Timur.

Ekspedisi Mudik 2024

“Yang jelas Jawa Timur karena Jawa Timur yang kecelakaannya di atas rata-rata,” ujarnya.

Sebelumnya, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memerintahkan Kementerian Perhubungan untuk melakukan evaluasi internal secara menyeluruh, terkait kecelakaan lalu lintas yang makin marak.

Juru Bicara Kepresidenan Julian Aldrin Pasha di Kantor Kepresidenan mengatakan evaluasi internal itu diharapkan oleh Kepala Negara dilakukan secara menyeluruh di Kementerian Perhubungan.

Berdasarkan data Kepolisian Republik Indonesia, sejak Januari hingga pertengahan Februari 2012 setiap hari rata-rata sebanyak 35 orang tewas dalam kecelakaan lalu lintas.

Jumlah kecelakaan lalu lintas sejak januari sampai pertengahan Februari 2012 tercatat sebanyak 9.884 kasus yang menyebabkan 1.547 orang tewas, 2.562 orang luka berat, dan 7.564 orang luka ringan.

Jenis kendaraan yang paling banyak mengalami kecelakaan adalah sepeda motor sebanyak 9.555 unit, mobil penumpang 1.357 unit, dan bus sebanyak 207 unit.

Peristiwa terakhir terjadi pada Senin dini hari 13 Februari 2012 yang melibatkan sebuah bus jurusan Surabaya-Yogyakarta yang menewaskan empat orang dan melukai 28 orang di Desa Tempuran, Kecamatan Paron, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur.

(Antara)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya