SOLOPOS.COM - Bimbel online gratis milik Kemendikbud (belajar.kemdikbud)

Solopos.com, SOLO -- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) ternyata memiliki bimbingan belajar (bimbel) secara online dan gratis. Bimbel online ini bisa diakes di situs resmi belajar.kemdikbud.go.id.

Fasilitas bimbel online ini dinamakan Rumah Belajar. Berdasarkan pantauan Solopos.com pada situs tersebut, bimbel online ini memiliki empat fitur, terdiri dari Kelas Digital, Laboratorium Maya, Bank Soal, dan Sumber Belajar.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Bagi masyarakat yang ingin mengakses laman tersebut, khusus fitur Kelas Digital diharuskan mendaftar terlebih dahulu dan wajib mempunyai Nomor Induk Siswa Nasional (NISN). Sedangkan untuk ketiga fitur lainnya bisa diakses tanpa perlu mendaftar.

Baca Juga: Gara-Gara Tikus, Petani Pranan Sukoharjo Tak Berani Menanam Padi

"Portal pembelajaran yang menyediakan bahan belajar serta fasilitas komunikasi yang mendukung interaksi antar komunitas. Rumah Belajar hadir sebagai bentuk inovasi pembelajaran di era industri 4.0 yang dapat dimanfaatkan oleh siswa dan guru Pendidikan Anak Usia Dini [PAUD], Sekolah Dasar [SD], Sekolah Menengah Pertama [SMP], Sekolah Menengah Atas/Kejuruan [SMA/SMK] sederajat," demikian bunyi keterangan dalam situs tersebut.

Hingga Kamis (16/1/2020), sudah ada 228.763 guru dan 562.346 siswa yang bergabung di Rumah Belajar. Salah satu siswa yang mengikuti bimbel online ini, Azidni Taftazani Arif, mengatakan dengan adanya Rumah Belajar ini semua menjadi mudah.

Baca Juga: Rizky Febian Restui Sule Nikah Lagi Asal Dibelikan Gucci

"Lewat HP, saya bisa memanfaatkan Rumah Belajar untuk mengerjakan tugas-tugas dari guru, semua menjadi mudah, karena HP tidak hanya untuk telepon dan kirim pesan, tapi bisa juga untuk belajar," tulis siswi SD Muhammadiyah 10 Surabaya ini di kolom testimoni.

Sementara itu, seorang guru SD bernama Hera Wahyuning Tyas mengatakan dengan belajar melalui Rumah Belajar, pembelajaran menjadi lebih menarik.

Baca Juga: Bus Seruduk Truk Gandeng di Tol Soker Sragen, 1 Orang Meninggal, 8 Terluka

"Dengan belajar di Rumah Belajar Kemendikbud, pembelajaran lebih menarik begitu pula dengan anak-anak. Karena rumah belajar Kemendikbud menyajikan materi-materi pembelajaran berbasis IT, itulah ketertarikan anak-anak," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya