SOLOPOS.COM - Ilustrasi perpustakaan (Dok/JIBI)

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyadur 165 buku cerita rakyat untuk buku pendamping sekolah

Solopos.com, JAKARTA—Masyarakat juga bisa menikmati buku teks tersebut. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengatakan buku cerita rakyat dapat menjadi sarana penguatan pendidikan karakter. Dengan membaca buku cerita rakyat, para siswa dapat mengambil pesan yang baik.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Saya sangat yakin melalui buku cerita dan karya-karya sastra, pendidikan karakter yang diidamkan oleh seluruh masyarakat tercapai. Salah satu pendekatan itu adalah dengan membaca karya sastra yang mengandung pesan yang baik,” ujar Mendikbud Muhadjir saat Pembukaan Musyawarah Sastrawan Nasional Indonesia (Munsi) II di Jakarta, beberapa waktu lalu, seperti dilansir website Kemendikbud, Jumat (21/7/2017).

Muhadjir mengungkapkan buku-buku tersebut telah melalui pemeriksaan kualitas dari Tim Penilaian Pusat Perbukuan sehingga layak diberikan kepada masyarakat maupun peserta didik. Saat pendistribusian, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan bekerja sama dengan Kementerian Sekretariat Negara.

“Sekretariat negara akan menerbitkan 28 judul buku dari 165 buku dan akan digandakan sebanyak 30.000 eksemplar. Buku-buku itu dibagikan pada acara kunjungan kerja Presiden ke seluruh Tanah Air dan safari rohani,” ujar Muhadjir.

Munsi II adalah acara yang menghimpun 180 sastrawan berprestasi dari seluruh Indonesia pada Selasa-Kamis (18-20/7/2017). Mereka adalah sastrawan dari hasil seleksi karya, sastrawan penyumbang puisi dalam Antologi Puisi Munsi 2016, tamu undangan, pelaksana program Sastrawan Berkarya di Daerah 3T, pemenang penghargaan Badan Bahasa, maupun pegiat sastra.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya