SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/SOLOPOS/Burhan Aris Nugraha)

Ilustrasi (JIBI/SOLOPOS/Burhan Aris Nugraha)

JAKARTA — Kemenakertrans memberangkatkan 235 orang calon transmigran yang akan ditempatkan di kawasan transmigrasi di Kalimantan Tengah dan Sulawesi Tenggara.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Para calon transmigran asal Jawa Tengah, Jawa Barat dan Lampung itu terdiri dari 150 kepala keluarga (KK) yang akan ditempatkan di Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah.

Ekspedisi Mudik 2024

Dirjen Pembinaan Pembangunan Kawasan Transmigrasi Kemenakertrans Jamaluddien Malik menyatakan transmigran sisanya sebanyak 85 KK akan ditempatkan Kabupaten Konawe Utara, Konawe Selatan dan Muna, Sulawesi Tenggara.

Menurut dia, keputusan para calon transmigran dan keluarganya mengikuti program transmigrasi untuk mengubah hidup lebih sejahtera dengan mengolah lahan di kawasan yang akan dikembangkan.

“Pemerintah menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para calon transmigran yang berangkat ke kawasan transmigrasi,” katanya dalam keterangan pers, Rabu (28/11/2012).

Namun, lanjut Jamaluddien, para calon transmigran tidak hanya cukup memiliki niat dan tekad, melainkan harus dilandasi juga dengan cita-cita meningkatkan kesejahteraan dan penghidupan yang lebih baik.

Setiap calon transmigran (catrans) sudah melalui proses panjang, mulai dari kegiatan promosi, pendaftaran, seleksi, pelatihan dasar umum, dan fasilitasi pemberangkatan dari desa asal hingga ke lokasi tujuan.

Untuk itu, dia menambahkan sesampainya di lokasi transmigrasi agar secepatnya menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitar, baik dengan sesama warga transmigran ataupun dengan penduduk setempat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya