SOLOPOS.COM - Ilustrasi charger mobil listrik. (Istimewa/carcoops)

Arab Saudi bekerja sama dengan Toyota Motor Jepang dalam studi tentang kendaraan listrik.

Solopos.com, RIYADH – Perusahaan listrik negara Saudi Electricity Co (SEC) menandatangani kesepakatan dengan perusahaan Jepang, Tokyo Electric Power (TEPCO), Nissan Motor dan Takaoka Toko guna menggarap proyek percontohan kendaraan listrik pertama di negara penghasil minyak terbesar dunia itu, Minggu (14/1/2018) waktu setempat.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dilansir Reuters, Senin (15/1/2018), Arab Saudi ingin mengembangkan industri otomotif sebagai bagian dari upaya diversifikasi ekonomi di luar minyak. Mereka telah bekerja sama dengan Toyota Motor Jepang dalam studi itu.

Peraturan emisi global yang ketat memaksa produsen mobil di seluruh dunia beralih ke armada kendaraan listrik, dan beberapa di antaranya telah menggelontorkan biaya besar demi mengembangkan baterai mobil listrik.

Berdasarkan kesepakatan tersebut, stasiun pengisian daya cepat akan dikembangkan untuk mengisi kendaraan listrik dalam 30 menit. SEC akan meminjam tiga mobil listrik dari Nissan sementara TEPCO dan Takaoka Toko menyediakan tiga pengisi daya cepat.

SEC tidak mengumumkan tenggat waktu dalam rencana tersebut. Langkah tersebut merupakan bagian dari strategi perusahaan untuk mengurangi ketergantungan pada minyak dan mengurangi emisi, kata SEC dalam sebuah pernyataan.

Raksasa minyak Saudi, Aramco, juga menggarap teknologi untuk membuat kendaraan lebih efisien.

Pimpinan Aramco, Amin Nasser, mengatakan kepada Reuters pada November bahwa peningkatan efisiensi akan lebih baik jika mempertahankan produksi jangka panjang dengan energi terbarukan yang diharapkan bertumbuh dan berkontribusi untuk memenuhi permintaan yang meningkat.

Nasser mengatakan kepada CNBC pada Oktober dalam sebuah wawancara, kendaraan listrik akan mendapat pangsa pasar yang bagus kendati hal itu membutuhkan waktu berpuluh-puluh tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya