top ear
Proses pencarian luweng di Dusun Pakem, Desa Sumberagung, Kecamatan Pracimantoro, Wonogiri. (istimewa)
  • SOLOPOS.COM
    Proses pencarian luweng di Dusun Pakem, Desa Sumberagung, Kecamatan Pracimantoro, Wonogiri. (istimewa)

Kemarin di Joho, Kini Luweng di Sumberagung Wonogiri Ketemu

Mulut luweng sebagai solusi mengatasi banjir kembali ditemukan Dusun Pakem, Desa Sumberagung, Kecamatan Pracimantoro, Wonogiri
Diterbitkan Senin, 1/03/2021 - 17:15 WIB
oleh Solopos.com/Aris Munandar
2 menit baca

Solopos.com, WONOGIRI -- Mulut luweng sebagai solusi mengatasi banjir kembali ditemukan Dusun Pakem, Desa Sumberagung, Kecamatan Pracimantoro, Wonogiri. Luweng tersebut ditemukan pada Jumat (26/2/2021) sore WIB.

"Benar, sudah ditemukan [mulut luweng yang dicari]. Ditemukan para sukarelawan di dekat bukit," kata Camat Pracimantoro, Warsito, saat dihubungi Solopos.com, Senin (1/3/2021).

Baca Juga: Tetap Berprestasi di Tengah Pandemi, Mahasiswa Geologi ITNY Juara Lomba Artikel

Sebelumnya, luweng di Desa Joho, Pracimantoro, Wonogiri juga sudah ketemu. Pencarian di Joho ini cukup sulit karena memakan waktu hingga belasan hari. Berbeda dengan di Sumberagung, pencarian luweng cuma butuh tiga hari.

"Proses pencarian tiga hari. Kami berharap dengan adanya beberapa penemuan luweng di daerah kami bisa mengatasi banjir yang setiap tahun melanda," lanjut Warsito.

Salah satu sukarelawan yang ikut mencari mulut luweng yakni, Sariyono, warga Dusun Digal, Desa Sumberagung, Pracimantoro. Ia mengatakan, pencarian luweng dimulai sejak Rabu (24/2/2021), hingga Jumat sore. Luweng ditemukan di kedalam tujuh meter dengan lebar mencapai empat meter.

Tanya Sesepuh

Sebelum mencari luweng, Sariyono bersama sukarelawan lain menanyakan dahulu kepada orang tua atau sesepuh di dusun itu tentang keberadaan luweng yang hilang. Setelah itu, lokasi dikeruk menggunakan alat berat. Petugas pengoperasi alat berat mengeruk tanah berdasarkan petunjuk dari sukarelawan.

"Di hari ketiga pencarian ditemukan titik atau lubang kecil berdiameter 30 centimeter. Setelah itu, lubang kecil atau rongga itu kami lebarkan secara manual dengan cara masuk ke lubang yang digali alat berat. Tanah dan batu yang ada di dalam dipinggirkan agar mulut luweng terbuka lebar. Pada akhirnya lebarnya empat meter," kata dia saat dihubungi, Senin.

Baca Juga: Terduga Korban Terjun dari Jembatan di Grogol Sukoharjo Dicari hingga ke Sragen

Sebelumnya, mulut luweng di Dusun Joho Kidul, Desa Joho, Kecamatan Pracimantoro, Wonogiri ditemukan pada Senin (15/2/2021) sore WIB. Mulut luweng itu ternyata berada di pekarangan belakang rumah warga.

Luweng di Joho Kidul itu ditemukan setelah melakukan pengerukan sedalam 6,5 meter dan lebar 1,5 meter menggunakan alat berat. Lokasi penemuan itu berada di pekarangan belakang rumah warga setempat yang bernama Pak Dalang Patek.


Editor : Profile Ahmad Baihaqi
LIKE di sini untuk lebih banyak informasi terbaru di Solopos.com

berita terpopuler

Iklan Baris

berita terkini


Cek Berita Lainnya